Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Harga Beras Melambung DPRD Palu Minta Perindagkop Survei Pasar

Rabu, 03 Pebruari 2010

Palu – Masyarakat Kota Palu saat ini sedang diresahkan dengan naiknya harga beras yang begitu tinggi. Akhir Januari 2010 saja, harga beras yang berkualitas sedang bisa mencapai Rp6.500. Meski Bulog sedang menyuplai beras ditingkat kelurahan akan tetapi makanan pokok masyarakat ini tidak mempenguruhi harga ditingkat pasar.
Ketua Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kota Palu Arfandi Labanu menyatakan, pihaknya saat ini sudah membicarakan diinternal komisi untuk menangani persoalan tersebut.
“Masalah ini sebelumnya sudah ada laporan yang masuk dan kami telah membicarakan di komisi. Komisi akan mendorong Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk melakukan survei di lapangan, apakah benar hal itu terjadi sehingga ini tidak hanya sekedar laporan saja,’’ terang Arfandi, Senin (01/10).
Untuk DPRD sendiri belum bisa melakukan sidak. Namun Perindagkop sebagai leading sector di Pemkot Palu yang harus turun ke lapangan. Setelah itu, lanjut politisi Partai Demokrat ini menambahkan, setelah ada hasil yang diperoleh dari Perindagkop maka komisi II yang membidangi ekonomi bersama Perindakop akan bersama-sama turun lapangan.
Anggota Komisi II Hadiyanto Rasyid, bahwa apa yang dirasakan masyarakat saat ini Pemkot Palu harus merespon dengan cepat. Untuk itu Perindagkop sebagai leading sector dalam hal ini turun kelapangan untuk melihat secara langsung yang terjadi.
“Makanya kita akan mengkordinasikan persoalan ini ke Perindagkop agar melihat secara langsung. Bila memang benar, maka Perindagkop segera melakukan Operasi Pasar (OP) sebab hal ini tidak bisa dibiarkan,” ujarnya.
Untungnya, kata Hadiyanto Rasyid, ada beras di kelurahan yang sedikit murah sehingga tidak ada beban beli beras diluar yang harganya mahal. Meski beras jatah yang penting keluarga tetap makan. ‘’Naiknya harga beras saat ini harus menjadi perhatian pemerintah,” pintanya.
Saat ini harga beras dipasaran seperti beras Kepala, Cimandi, Buri-buri maupun beras C4, harganya mencapai Rp6.500/liter. Tahun 2009, harganya masih Rp4.500/liter. (Hady)

http://mediaalkhairaat.com/index.php?option=com_content&task=view&id=5664&Itemid=1
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts