Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Kenali Ciri-ciri & Penyebab PMS

Labels: ,
Kamis, 4 Februari 2010, 07:53 WIB

VIVAnews - Beberapa hari menjelang menstruasi setiap wanita mungkin akan mengalami hari terburuk setiap bulannya. Sindrom Pra-Menstruasi atau PMS adalah masalah yang cukup umum terjadi pada wanita sehat yang sedang mens.

Jadi bagaimana caranya mengetahui bahwa Anda sedang mengalami PMS? Biasanya PMS dialami wanita lima hari sebelum mens datang. Kenali ciri-cirinya sebagai berikut :

1. Anda mungkin lebih terganggu daripada biasanya, dan hal-hal kecil dapat membuat Anda menangis.

2. Anda lebih suka menyendiri dan mungkin bagi remaja yang masih sekolah akan melakukan hal buruk seperti bolos sekolah, bolos kerja, atau menghindari bersosialisasi dengan teman-teman.

3. Anda merasa lebih gemuk, buruk rupa dan kembung.

4. Payudara tersa membengkak dan lebih kencang.

5. Anda merasa kehilangan energi.

6. Merasa ada perubahan pola tidur.

7. Ingin mengudap sesuatu yang manis dan berat badan meningkat karena mengkonsumsinya terlalu banyak.

8. Lebih ceroboh dan mungkin merasa lebih gelisah.

Apa penyebab PMS ?

1. Ketidakseimbangan hormon. Estrogen membuat tubuh Anda menahan lebih banyak cairan , membuat Anda merasa kembung dan lebih berat sebelum mens.

2. Ketidakseimbangan kimia di otak. Kekurangan senyawa kimia yang disebut serotonin di dalam otak bisa menimbulkan suasana hati yang berubah-ubah dan sifat cepat marah pada wanita yang mengalami PMS.

3. Kekurangan vitamin. Vitamin A dan B ditemukan pada sayuran berdaun, berwarna hijau dan kuning yang membantu mempertahankan senyawa kimia tetap seimbang di dalam otak.

4.Stress. Kurang tidur dan permasalahan emosi dapat pula menyebabkan PMS.

Jika PMS sudah sangat mengganggu kegiatan Anda datanglah ke dokter, namun sebelum pergi ke dokter Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengurangi PMS, bisa dengan membuat buku harian, untuk mencatat tanggal serta hal-hal Anda rasakan selama kurun waktu PMS, dan berolahragalah serta perbanyak mengkonsumsi buah serta sayur. Jika Anda lebih sehat, Andapun akan merasa gembira dan PMS tidak akan menyerang Anda.

• VIVAnews

http://kosmo.vivanews.com/news/read/126698-kenali_ciri_ciri___penyebab_pms
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts