Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

BPOM Memble, YLKI Sesumbar Bisa Uji Susu Bermasalah Sendiri

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengkritisi BPOM karena tidak pernah mengumumkan hasil uji produk bermasalah, seperti susu, ke masyarakat. Jika didukung masyarakat, YLKI mengaku bisa menguji suatu produk seperti layaknya BPOM."Saya menantang, kalau masyarakat mau iuran, YLKI juga bisa. Kalau hanya di BPOM ya nggak bisa. Di luar negeri LSM juga bisa," kata Pengurus Harian YLKI Indah Sukmaningsih.
Hal itu dikatakannya usai menjadi pembicara dalam acara diskusi 'Lebaran dan Maraknya Makanan Bermasalah' di Warung Daun, Jl Pakubuwono, Jakarta Selatan, Sabtu (27/9/2008).
Indah mempertanyakan peran BPOM yang dinilainya tidak adil kepada konsumen. Tidak ada solusi jika barang makanan atau minuman yang beredar sudah sampai di tangan konsumen.
Dalam acara diskusi itu Indah juga menunjuk pemerintah dan DPR sebagai pihak yang bertanggung jawab. Pemberi izin juga harus bisa mengontrol produk yang diloloskannya ke masyarakat."Pemberi izin melekat padanya kontrol. Apakah kontrolnya sudah benar?" kritiknya.(gah/gah)
By: Alfian Banjaransari
Source: http://www.detik.com/, 27 September 2008
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts