Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Asosiasi Asuransi Dikritik Lantaran Tutupi Kinerja yang Jeblok

Senin, 29 Juni 2009 | 20:02 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia dikritik karena berusaha menutupi kinerja asuransi jiwa dalam setahun terakhir akibat terimbas krisis. Kinerja asuransi jiwa tahun lalu merupakan yang terburuk dalam 10 tahun terakhir.

"Rapot tahun 2008 remuk," kata Direktur Biro Riset InfoBank Eko Supriyanto. InfoBank mencatat, dari 44 asuransi jiwa terbaik pelanggan kategori "sangat bagus", hanya delapan perusahaan yang masuk kategori itu di 2008. Unit link menjadi salah satu faktor remuknya kinerja asuransi jiwa pada 2008. "Keserakahan dalam investasi, saham jadi prioritas," ujar

Terbukti, perusahaan asuransi jiwa dengan jumlah unit link terbesar gagal masuk kategori "sangat bagus" akibat portofolio saham yang terlalu besar. Dengan kondisi ini dia memprediksikan pertumbuhan asuransi jiwa hingga akhir 2009 hanya menembus 15 persen dari target 20 persen.

Pengamat asuransi Alberto Hanani berpendapat kendati industri remuk karena kesalahan itu, asuransi jiwa juga korban dari krisis keuangan. "Keserakahannya berjamaah," kata dia pada acara yang sama. Sebab, banyak pihak yang berusaha mendapat keuntungan dari bisnis itu.

Senada dengan Eko, Alberto juga berpendapat perlunya pengawasan pada produk unit link. "Pemerintah perlu menata agar perusahaan tak sembarangan dalam pengelolaan dana," ujarnya. Dia juga memprediksi pertumbuhan asuransi jiwa tak akan melebihi target. Tahun depan, dia melanjutkan, asuransi umum akan tumbuh 30 persen akibat restrukturisasi modal.

RIEKA RAHADIANA

http://www.tempointeraktif.com/hg/perbankan_keuangan/2009/06/29/brk,20090629-184398,id.html
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts