Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Pemerintah tidak Akan Naikkan Harga BBM

Selasa, 30 Juni 2009 20:01 WIB

JAKARTA--MI: Pemerintah tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak eceran bersubsidi. Meskipun lonjakan harga minyak dunia akan meningkatkan komposisi subsidi sektor energi yang diperkirakan akan mencapai Rp102 triliun dari sebelumnya dianggarkan pada dokumen stimulus Rp67 triliun.

"Tapi dengan perhitungan itu, dan asumsi harga minyak mentah masih berada di US$70 per barel, harga bahan bakar minyak tak akan naik," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati seusai rapat kerja dengan Panitia Anggaran DPR di Jakarta, Selasa (30/6).

Dalam presentasinya, Menkeu menyatakan subsidi bahan bakar minyak diperkirakan akan meningkat 2,2 kali lipat menjadi Rp54 triliun dari sebelumnya Rp24,5 triliun. Sedangkan subsidi listrik naik 1,1 kali lipat menjadi Rp48,2 triliun dari sebelumnya Rp42,5 triliun.

Menkeu menyatakan, pemerintah memperkirakan peningkatan belanja subsidi energi pada semester II 2009. Jika pada semester II subsidi bahan bakar minyak yang dibayarkan pemerintah hanya mencapai Rp8,5 triliun. "Akan ada subsidi yang sangat besar pada listrik dan BBM pada semester II nanti. Pada enam bulan mendatang subsidi untuk premiun, solar, dan minyak tanah diperkirakan sebesar Rp45,8 triliun. Demikian pula pada subsidi listrik yang pada semester II diperkirakan akan mencapai Rp27,4 triliun dari semester II sebesar Rp20,4 triliun," katanya.

Di sisi lain, anggota Panitia Anggaran DPR Soeharso Monoarfa menilai keputusan pemerintah untuk tidak menaikkan harga bahan bakar minyak adalah hal yang wajar. Pasalnya, meski subsidi energi naik, pemerintah memperoleh dampak positif dari kenaikan harga minyak berupa tambahan penerimaan. "Dari perhitungan, pemerintah masih surplus Rp2,2 triliun pada pos energi," ujarnya. (Tup/OL-06)

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/06/06/82867/4/2/Pemerintah-tidak-Akan-Naikkan-Harga-BBM
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts