Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

DPRD Minta Dinkes Perhatikan Kondisi Puskesmas

Jumat, 31 Juli 2009

PALU- DPRD Sulteng prihatin dengan kondisi infrastruktur sejumlah Puskesmas di Kapubaten Tojo Unauna, yang kondisinya sudah banyak yang rusak. Diantaranya adalah lantai sejumlah Puskesmas banyak yang sudah bolong.
Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulteng, Mulyani Ladwan R Tiangso pada Rapat koordinasi mengatakan, seharusnya Kadis Kesehatan memonitor kondisi tersebut. Sebab sebagai ujung tombak pelayanan terhadap masyarakat, jika kondisi infrastruktur memprihatinkan, hal itu akan berpengaruh dengan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.
“Kadis mesti liat langsung kondisi Puskesmas kita di desa, sebab lantai Puskemas di Kabupaten Tojo sudah banyak yang bolong,” ungkap Mulyani yang kembali terpilih pada pemilu legislative periode 2009-2014 ini.
Bukan hanya itu, dinas juga harus menghimbau bidan yang bertugas di desa, untuk memperhatikan kebersihan lingkungan Puskesmas. Sebab dari hasil kunjungan DPRD Sulteng sebelumnya, banyak ditemukan lingkungan Puskesmas masih kumuh. Bahkan lantai dan peralatan medisnya juga kurang memadai.
“Mereka itu adalah contoh bagi masyarakat, kalau kumuh tempatnya itukan jadi tidak baik,” terangnya.
Kadinkes Sulteng, dr Ansyayari Mkes, dalam rapat tersebut menyebutkan, pihaknya menyadari jika banyak kondisi infrastruktur kesehatan di desa sudah cukup tua. Sebagai informasi, jika perawatan infrastruktur kesehatan itu, sebagaian juga jadi tanggung jawab kabupaten/kota.
“Dana perawatan itu berasal dari Sharring antara Dinas Provinsi, Kabupaten dan Kota. Tapi kita akan berupaya terus meningkatkan pelayanan Kesehatan bagi masyarakat,” jelasnya.
Soal kebersihan, Ia menambahkan, jika pemerintah juga memberikan porsi untuk memperhatikan kebersihan lingkungan Puskesmas. Dengan fokus program yang ditetapkan Dinkes Sulteng adalah pelayanan kepada masyarakat, pihaknya akan terus berusaha mengupayakan yang terbaik. Ia juga berjanji akan menghimbau petugas kesehatan Puskesmas agar lebih memperhatikan kebersihan lingkungan Puskesmas.(SYARIF)

http://mediaalkhairaat.com/index.php?option=com_content&task=view&id=2680&Itemid=1
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts