Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

50 Persen Anak di Kalonding Putus Sekolah

2008-07-18 | 22.37

MAMUJU -- Anak-anak di Desa Kalonding, Kecamatan Sampaga yang menamatkan pendidikan sekolah dasar sekitar 175 siswa/tahun. Tapi sekitar 50 persen di antaranya putus sekolah. Penyebabnya, jarak SMP sangat jauh.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa Kalonding, Kamaruddin, saat diskusi "Mengulik Komitmen Lima Pemkab Mamuju". Ia mengungkapkan, anak usia sekolah di Dusun Arasi mayoritas tidak mengenyam bangku pendidikan. "Itu karena sama sekali tidak ada sekolah meski hanya SD. Mudah-mudahan Dinas Pendidikan mau memerhatikan hal ini," harapnya.

Permintaan pembangunan sekolah baru juga dilontarkan Kades Tumonga, Kecamatan Kalumpang. Anak-anak yang berada di desa terpencil itu harus menggunakan perahu ketinting untuk menjangkau sekolah.

"Pemerintah menggratiskan pendidikan di sekolah yang ada di Mamuju meski anak dari luar Mamuju. Sayangnya, anak di Mamuju sendiri sulit memperoleh pendidikan. Apakah ini komitmen lima," keluhnya.

Ini baru keluhan sarana pendidikan. Belum lagi keluhan fasilitas lain, seperti buku pelajaran. Andarias, guru SDK Sukamaju yang ada di Kecamatan Tommo dengan malu-malu mengakui terpaksa "mencuri" buku pelajaran yang tertinggal di tempat kuliahnya.

Ini dilakukannya sekadar menambah koleksi buku di sekolahnya yang sangat minim.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Mamuju, Mustafa Kampil berjanji tidak ada lagi sekolah gubuk tahun depan. Sebanyak 87 sekolah direhabilitasi tahun ini. "Yang menjadi masalah, jumlah guru sangat minim," bebernya.

Sebagai solusi, Pemkab Mamuju menerima guru kontrak sebanyak 500 orang dan akan ditambah lagi tahun depan, 500 orang. Guru kontrak itu disebar ke-15 kecamatan dan diprioritaskan warga yang berdomisili di kecamatan bersangkutan. (fnn)

http://www.radarsulbar.com/detail.php?kd_berita=378
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts