Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Truk Dilarang Beroperasi pada H-4 Lebaran

Minggu, 30 Agustus 2009 15:29 WIB

Penulis : Faishol Taselan

SURABAYA--MI: Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan( DLLAJ) Jawa Timur mengeluarkan larangan agar truk non pengangkut sembkao dan bahan bakar minyak (BBM) dilarang beroperasi pada H-4 sampai H+1 lebaran.

"Larangan ini untuk kelancaran arus mudik lebaran nanti," kata Kepala Dinas DLLAJ Pemprov Jawa Timur Binsar Tua Siregar di Surabaya, Minggu (30/8).

Larangan itu, menurut Binsar, tidak berlaku bagi truk pengangkut sembako dan BBM. Sebab, kebutuhan sembkao dan BBM masih dibutuhkan masyarakat. Sedangkan untuk truk pengangkut barang-barang ekspor mendapat dispensasi boleh beroperasi jika memiliki ijin tertulis dari Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur.

"Bila kita menjumpai ada truk yang tidak mendapat rekomendasi tapi tetap saja beroperasi maka kita berikan sanksi termasuk tilang," katanya. Menurut Binsar, larangan tersebut sebenarnya berlaku setiap tahun, namun kali pihaknya perlu mempertegas kembali agar tidak terulang.

Tahun lalu, lanjutnya, banyak truk yang melanggar, kali ini hendaknya tidak perlu terjadi lagi sehingga larangan dikeluarkan lebih dini agar disosialisasikan.

Untuk kelancaran arus mudik Lebaran, Dishub memusatkan perhatian pada angkutan bus. Dari data 3 tahun terakhir, jumlah penumpang bus menurun karena masyarakat lebih memilih kendaraan roda dua.

Dishub Jatim juga menyiapkan bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) sebanyak 4 ribu lebih armada. Untuk angkutan Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) jumlahnya sekitar 1.600 armada bus.

"Kita perkirakan puncak arus mudik pada H-3 sampai selepas Sholat Ied. Biasanya di terminal-terminal bus terjadi peningkatan penumpang," jelasnya. (FL/OL-02)

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/08/08/93129/125/101/Truk-Dilarang-Beroperasi-pada-H-4-Lebaran
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts