Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

RSPM Berbenah Ditegur Penilai Adipura

Saturday, 31 October 2009 07:19

MEDAN - Menyusul hasil temuan Tim Penilai Adipura Kota Medan tentang limbah medis RSU Dr. Pirngadi yang membahayakan pengunjung, kini pihak manajemen rumah sakit tersebut mulai melakukan berbagai pembenahan.

Salah satu bentuk pembenahan yang dilakukan manajemen RSU Dr. Pirngadi adalah pembinaan terhadap para mahasiswa yang sedang melakukan praktik seperti mahasiswa kedokteran (co-ass), mahasiswa keperawatan dan lain-lain.

Kabag Perlengkapan dan Pemeliharaan RSU Dr. Pirngadi Medan A Khairuddin, yang dikonfirmasi tadi malam mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti hasil temuan Tim Penilai Adipura sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengunjung.

Menurut Khairuddin, pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap para mahasiswa yang sedang melaksanakan praktik kerja di RSU Dr. Pirngadi. Sebab, masih ada mahasiswa yang membuang sampah makanan ke dalam tempat sampah medis.

Kemudian, sampah medis yang dilaporkan berserakan di sekitar lingkungan RSU Dr. Pirngadi segera dibersihkan. “Sebenarnya, sampah medis tersebut sudah dimasukkan ke dalam Tempat Penampungan Sementara (TPS). Dikhawatirkan ada pemulung yang masuk ke lingkungan rumah sakit secara diam-diam dan membongkar TPS tersebut sehingga sampah medis berserakan,” ujarnya.

Mengenai mesin pengolah air limbah yang tidak beroperasi, Khairuddin mengatakan, mesin tersebut beroperasi secara otomatis yakni empat jam menyala dan empat jam istirahat. Secara kebetulan, mesin tersebut dalam proses istirahat ketika Tim Penilai Adipura melakukan peninjauan.

Sedangkan mesin insenerator (pembakar limbah), lanjut Khairuddin, telah dioperasikan sesuai dengan fungsinya. Saat Tim Penilai Adipura melakukan peninjauan, petugas insenerator sedang memusnahkan limbah non medis.

“Hanya saja, petugas mengangkut sampah tersebut dengan menggunakan tempat sampah yang bertuliskan Sampah Medis. Karena itu, manajemen RSU Dr. Pirngadi akan melakukan pembinaan terhadap petugas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL),” ujar Khairuddin.
(dat02/waspada)

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=63055:rspm-berbenah-ditegur-penilai-adipura&catid=77:fokusutama&Itemid=131
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts