Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Bakaru Normal, Pemadaman Berlanjut

Sabtu, 28-11-09 | 17:01

MAKASSAR -- Dua mesin pembangkit listrik PLTA Bakaru mulai beroperasi normal sejak Kamis, 26 November, seiring turunnya hujan selama beberapa hari. Kendati demikian, PLN masih harus melakukan pemutusan setrum, terutama ke pelanggan rumah tangga.

Manajer Pembangkitan PT PLN Wilayah Sultanbatara, Mursalim, mengatakan, PLN masih mengalami defisit daya listrik meskipun dua pembangkit di bakaru telah beroperasi penuh. "Defisit terutama pada malam hari, sehingga masih harus dilakukan pemadaman secara bergilir," kata Mursalim, Jumat, 27 November.

Pemakaian listrik industri yang berkurang, kemarin, membuat PLN tidak melakukan pemutusan setrum pada pagi hingga siang hari. Namun, gelap gulita di beberapa wilayah masih terjadi pada malam hari akibat kekurangan daya pada beban puncak.

Mursalim mengatakan, dua pembangkit listrik PLTA Bakaru telah memasok listrik sebanyak 126 megawatt. Air yang masuk di inflow dam PLTA Bakaru yang mencapai 60 meter kubik per detik membuat pembangkit dapat beroperasi maksimal.

Persemaian bibit awan untuk mendapatkan hujan buatan juga masih dilakukan sebanyak dua kali pada Kamis, 26 November. Injeksi natrium chlorida itu membuahkan hasil berupa hujan yang deras di sekitar dam PLTA Bakaru.

Pemutusan setrum masih harus dirasakan oleh pelanggan PLN, baik rumah tangga maupun industri, terutama karena dua pembangkit milik PLTGU Sengkang belum juga masuk dalam sistem kelistrikan PLN. Padahal, dua pembangkit tersebut dapat memasok listrik sekira 130 MW.

Beroperasinya kedua unit mesin pembangkit PLTA Bakaru yang mampu menghasilkan listrik dengan biaya paling murah itu, kata Mursalim, diharapkan dapat mengurangi durasi pemadaman listrik. "Nanti akan diatur lagi oleh bagian lain untuk skema dan durasi pemadamannya," ujarnya. (rif)

http://www.fajar.co.id/index.php?option=news&id=74760
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts