Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Kepulauan Sumenep Krisis Obat-obatan Akibat Gelombang Tinggi

Sabtu, 28 November 2009 | 09:04 WIB

TEMPO Interaktif, Sumenep - Gelombang tinggi menyebabkan Kepulauan Sumenep mengalami krisis obat. Hari ini Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Madura baru akan mengirimkan obat-obatan ke wilayah kepulauan Sumenep guna mengatasi krisis obat-obatan yang terjadi dalam sebulan terakhir.

"Ada Infus, obat diare, malaria, DBD dan gizi buruk," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Susianto, Sabtu (28/11).

Menurut dia, krisis obat-obatan ini terjadi karena gelombang tinggi, sehingga pengiriman obat-obatan ke Puskesmas kepulauan terhambat. "Makanya, awal musim hujan ini kita droping obat banyak," tuturnya.

Data Dinas Kesehatan Sumenep menyebutkan, dari 120 pulau di kabupaten itu hanya enam pulau yang memiliki puskesmas. Antara lain pulau Kangean, Kangayan, Sapeken, Masalembu, Gili Genting dan Talango. dimana jarak tempuh antar pulau memakan waktu berjam-jam.

Sehingga, lanjut dia, bila obat-obat kurang, maka pasien dari pulau terpencil tidak bisa segera tertangani maksimal. Adapun penyakit yang biasa mewabah saat musim hujan dan gelombang tinggi di daerah kepulauan adalah diare, gizi buruk dan demam berdarah dengue (DBD).

Susianto menambahkan, dari pantauan pihaknya pada awal November lalu, tidak ditemukan satu pun penderita gizi buruk di daerah yang dinyatakan rawan, seperti di desa masa jeruk, masa kambing di pulau Masalembu. "Alhamdulilah masih nol," katanya.

MUSTHOFA BISRI

http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2009/11/28/brk,20091128-210795,id.html
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts