Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Menteri Perdagangan Ancam Importir Semen Asal China

Rabu, 30 Desember 2009 - 8:26 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu mengancam akan menyeret importir semen CUCC asal China, jika tidak menarik produknya dari pasaran.

“Kita kasih waktu 2 bulan kepada importir menarik. Kalau tidak, kita akan dikenakan sanksi sesuai Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK),” jelas Mendag, usai melihat langsung gudang distributor yang menyimpan semen asal China tersebut di Tanjung Priok, Jakut, Selasa (29/12).

Masuknya semen abal-abal alias tidak ber SNI ke Indonesia ini sempat ramai. Karena semen tersebut rencananya dibawa dari China ke Afrika Selatan. Namun kenyataan beredar di pasar Indonesia.

Meski saat ini semen tersebut sudah disita Petugas Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Direktorat Pengawasan Barang Beredar Depdag, Mari mengaku komoditas bahan bangunan tersebut tetap disimpan di gudang sampai ada keputusan, apakah akan dikirim kembali (re-ekspor) atau dimusnahkan.

Ketua Asosiasi Semen Indonesia (ASI), Urip Trimuryono, mendukung tindakan yang diambil pemerintah terhadap produk semen tak ber-SNI.

Selain melindungi masyarakat, juga menjaga jangan sampai pangsa pasar semen lokal menurun, karena membiarkan semen abal-abal beredar di pasaran.

Urip menegaskan industri semen mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri. Setiap tahun, produksi semen mencapai 44 juta ton. Sementara konsumsi di dalam negeri hanya pada 2008 hanya 38 juta ton. Sisanya diekspor.

“Tahun depan, kita perkirakan penjualan akan tumbuh 5% sesuai pertumbuhan ekonomi,” terangnya. (setiawan/B)

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2009/12/30/menteri-perdagangan-ancam-importir-semen-asal-china
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts