Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Pemerintah Jamin Stok Beras 2010 Aman

Jumat, 01 Januari 2010 pukul 11:35:00

JAKARTA--Meski awal tahun ini di sejumlah daerah masa panen mengalami kemunduran waktu, pemerintah menjamin stok beras sampai dengan akhir 2010 dalam kondisi yang aman. Dirut Perum Bulog Sutarto Alimoeso mengungkapkan sampai sekarang stok beras di Bulog mencapai 1,7 juta ton. Jauh lebih besar dari 2008 yang hanya 1,2 juta ton.

Dari 1,7 juta itu, sebanyak 500 ribu ton merupakan cadangan beras pemerintah yang dapat dikeluarkan sewaktu-waktu jika terjadi bencana alam. Cadangan beras itu juga dapat digunakan jika terjadi fluktuasi harga di atas 25 persen sehingga perlu dilakukan operasi pasar.

"Sisanya masih ada 1,2 juta ton, kalau raskin dan rasdi setiap bulan kita salurkan 300 ribu ton, kita masih bisa salurkan untuk 4 bulan ke depan tanpa pengadaan. Tapi kan tak mungkin kita tidak melakukan pengadaan," ujar Sutarto, di Jakarta, Kamis (31/12). Dia mengakui akibat pengaruh El Nino, panen di sejumlah daerah mundur. Tetapi hal itu hanya berlaku terhadap sawah yang tidak melakukan sistem pengairan.

Seharusnya, kata dia, pada Februari ini sudah memasuki masa panen seperti Februari 2009. Namun kemungkinan besar panen diharapkan baru akan mulai pada Maret. "Info terakhir, El Nino yang terjadi adalah El Nino lemah. Dan cenderung akan melemah sampai Mei. Karena itu diharapkan tidak berdampak berarti kepada pangan," papar dia. Lebih lanjut dia mengungkapkan, kalau melihat analisis dan perkembangan produksi dalam tiga tahun terakhir umumnya tumbuh di atas 5 persen. thr/irf

http://www.republika.co.id/berita/99364/Pemerintah_Jamin_Stok_Beras_2010_Aman
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts