Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Produk-produk Apple Dituding Nyontek Nokia

Rabu, 30/12/2009 10:45 WIB

Fino Yurio Kristo - detikinet

Helsinki - Perseteruan antara Nokia melawan Apple di ranah hukum kian sengit saja. Nokia kini memperluas skala gugatan, dengan mengklaim bahwa hampir seluruh produk besutan Apple melanggar hak paten milik mereka.

Dikutip detikINET dari BBC, Rabu (30/12/2009), perusahaan ponsel terbesar dunia itu mendaftarkan komplain pada US International Trade Comission (ITC). Komplain dilakukan terkait penyalahgunaan 7 paten yang berhubungan dengan teknologi user interface, kamera, antena dan manajemen daya.

Nokia menuding Apple menggunakan paten teknologi tersebut tanpa izin untuk membuat berbagai fitur kunci di produk Apple. Produk dimaksud termasuk komputer dan pemutar musik iPod. Saat ini, ITC sedang mempelajari komplain Nokia yang jika benar, mungkin berdampak pada pelarangan impor atau ekspor produk Apple.

Sebelumnya pada bulan Oktober, Nokia sudah menyeret Apple ke meja hijau. Apple dituduh mencederai 10 paten Nokia yang digunakan tanpa permisi di ponsel iPhone. Sesudahnya, Apple gantian membalas dan menggugat Nokia dengan tuduhan Nokia juga melanggar beberapa aspek teknologi di iPhone.

Terkait komplain terbaru yang dilancarkan Nokia, pihak Apple masih menolak berkomentar. Para analis berpendapat, pertikaian antara Nokia versus Apple ini berpotensi melibatkan uang ratusan juta dollar dan membutuhkan waktu tahunan untuk menyelesaikannya. ( fyk / faw )

http://www.detikinet.com/read/2009/12/30/095556/1268297/399/produk-produk-apple-dituding-nyontek-nokia
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts