Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Pipa Bonleu Putus

Rabu, 20 Januari 2010 | 09:40 WITA

HUJAN yang terus mengguyur berdampak serius pada suplai air bersih di SoE dan sekitarnya. Jaringan perpipaan utama milik PDAM TTS dari Mata Air Bonleu di kaki Gunung Mutis yang menyuplai kebutuhan air bersih ke SoE dan sekitarnya, putus karena diterjang longsor.

"Pipa putus di Kilometer 24, tepatnya di Desa Tuaneke, Kecamatan Tobu, Minggu (17/1/2010). Akibat pipa putus, pelayanan bagi 2000-an pelanggan PDAM di SoE dan sekitarnya menjadi terganggu," ujar Kepala PDAM TTS, Didi Edi Haryadi kepada Pos Kupang di SoE, Selasa (19/1/2010).

Didi menuturkan, putusnya pipa itu terjadi setelah tiga hari hujan berturut-turut mengguyur. Ia menduga pipa putus lantaran tanah yang dilewati jaringan perpipaan labil dan longsor.

Untuk menyambung pipa yang putus, lanjut Didi, petugas harus menutup aliran air dari sumber mata air dan itu membutuhkan waktu paling cepat dua hari, bahkan lebih lama, tergantung kondisi medan di titik pipa yang putus.

Pipa yang putus itu berdiameter 10 inchi. Panjang jaringan dari mata air ke SoE sekitar 64 kilometer. Dari segi mutu, pipa itu bisa diandalkan selama puluhan tahun.

"Saat ini persoalannya hanya masalah topografi saja dan kondisi tanah yang labil. Kami mengupayakan agar tanah yang dilewati jaringan perpipaan ditanami pepohonan yang dapat mengikat tanah sehingga tidak labil. Tahun lalu kami sudah tanam 1.000 pohon di wilayah Bonleu. Dan hasilnya pipa di wilayah itu yang menjadi langganan putus tidak putus lagi," kata Didi.

Untuk mengatasi gangguan distribusi air ke SoE dan sekitarnya, PDAM setempat mengandalkan dua sumur bor di Nifuhuki, Desa Kesetnana, Kecamatan Mollo Selatan. Namun kemampuan dua sumur itu hanya dapat dipompa selama empat jam saja. Sementara sumber mata air lain seperti di Oenasi hanya bisa dipompa selama dua jam.

"Untuk mengatasi kekurangan air bersih, kami juga menggunakan dua mobil tangki air yang sudah tua milik PDAM TTS. Terus terang saja untuk melayani para pelanggan yang terkena dampak putusnya pipa Bonleu, dua truk tangki air saja tidak cukup. Beberapa waktu lalu kami sudah bersurat kepada Bupati TTS agar mobil tangki air milik Dinas Permukiman TTS yang nganggur dipinjamkan ke PDAM TTS," katanya. (yon/aly)

http://www.pos-kupang.com/read/artikel/42027/pipa-bonleu-putus
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts