Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Tiga Obat Diet Bahayakan Jantung

Jumat, 22 Januari 2010, 17:25 WIB

WASHINGTON -Otoritas kesehatan Eropa menyerukan untuk menghentikan penggunaan sejumlah obat diet keluaran Abbot Laboratories Inc. Pasalnya, obat-obatan itu berkaitan dengan risiko serangan jantung. Obat diet yang dimaksud adalah yang bermerek dagang Reductil, Reduxade, dan Zelium.

Menurut Badan POM Eropa, obat-obatan ini mengandung sibutramine yang disebut mereka: risikonya lebih besar ketimbang manfaatnya. Mereka menyarankan para dokter untuk tidak lagi merekomendasikan obat-obatan itu pada para pasiennya. Sementara itu, Komisi Eropa dalam waktu dekat akan merekomendasikan agar seluruh obat-obatan itu ditarik dari peredaran.

Di Amerika Serikat, otoritas pengawasan obat dan makanan Food and Drug Administration (FDA) juga menyerukan hal yang sama. Menurut mereka, penggunaan obat-obatan ini ditengarai meningkatkan serangan jantung dan stroke pada orang-orang dengan gangguan jantung.

FDA dalam keterangan tertulisnya menyatakan Abbott sudah setuju dengan imbauan mereka untuk tidak menggunakan obat-obatan itu pada pasien dengan riwayat penyakit jantung. Dalam waktu dekat, mereka akan mengadakan pertemuan dengan komite penasihat publik tentang langkah apa yang selanjutnya harus ditempuh.

Red: siwi
Sumber Berita: reuters

http://www.republika.co.id/berita/102001/tiga_obat_diet_keluaran_abbot_bahayakan_jantung
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts