Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

3 Pasien Meninggal Dunia Saat Listrik di RSU Pirngadi Padam

Senin, 08/02/2010 19:25 WIB

Medan - Tiga pasien penyakit jantung yang sedang menjalani perawatan intesif meninggal dunia saat listrik padam di Rumah Sakit Umum (RSU) Pirngadi Medan, Senin (8/2/2010) sore. Padamnya listrik membuat peralatan medis tak berfungsi.

Salah satu pasien yang meninggal adalah Marajohan Pangaribuan, kakek berusia 86 tahun. Warga Jl. PON 3, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Korban dirawat di rumah sakit tersebut karena komplikasi penyakit sejak beberapa tahun terakhir. Saat pemadaman listrik terjadi, pasien menjalani perawatan di ruang Intensive Care Unit (ICU) lantai 4 RSU. Pirngadi Medan.

Pasien yang meninggal lainnya adalah Ferry Capri, lajang berusia 19 tahun. Pasien ini juga menjalani perawatan di ruang Intensive Cardiovascular Care Unit (ICCU). Sementara pasien ketiga yang meninggal dunia adalah Heber Lumbantobing, kakek berusia 73 tahun.

Jenazah Marajohan terpaksa dibawa menggunakan tandu dari lantai empat ruang ICU hingga ke instalasi jenazah di lantai satu tanpa penerangan memadai. Sejumlah kalimat penyesalan keluar dari keluarga pasien yang ikut mengiringi jenazah.

T Boru Pangaribuan mengaku sangat kecewa dengan padamnya listrik secara tiba-tiba, hingga semua alat di ruang ICCU tidak berfungsi. "Mulai alat medis sampai AC, ikut mati. Ruang ICCU cuma diterangi lilin," kata Pangaribuan.

Meski kecewa, T. Boru Pangaribuan enggan menuduh kematian ayahnya akibat alat di ruang ICCU tidak berfungsi.

Sementara Humas RSU Pirngadi, Susyanto mengatakan, pasien yang menjalani perawatan di ruang ICU, kebanyakan menggunakan alat bantu pernafasan atau alat medis lain yang terkoneksi dengan listrik.

"Tapi pasien kita yang meninggal dunia saat mati listrik tadi, tidak lagi menggunakan alat bantu pernafasan," kata Susyanto.

Padamnya listrik di RSU Pirngadi Medan terjadi Senin pagi sekitar pukul 09.30 WIB. Saat pemadaman terjadi, genset hidup secara otomatis. Naas, beberapa saat kemudian, genset meledak. Akibatnya, seluruh ruangan gelap gulita. Sejumlah pasien sempat panik akibat tidak dapat melihat. Sementara dokter dan perawat terpaksa bekerja menggunakan penerangan lilin.

(rul/asy)

http://www.detiknews.com/read/2010/02/08/192501/1295516/10/3-pasien-meninggal-dunia-saat-listrik-di-rsu-pirngadi-padam?991102605
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts