Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

30 Provinsi belum Bebas Flu Burung

Sabtu, 06 Februari 2010 08:12 WIB

SUKABUMI--MI: Sebanyak 30 provinsi di Indonesia masih belum terbebas dari penyebaran penyakit flu burung, yang berdampak pada larangan ekspor unggas ke luar negeri secara menyeluruh, kata Menteri Pertanian (Mentan) RI Suswono.

Seusai mencanangkan gerakan nasional Peternak Sehat dan Ternak Sehat di Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (5/2), Suswono menegaskan, kini pemerintah memprioritaskan penanganan kasus flu burung, sehingga pada tahun berikutnya, ada sejumlah provinsi lainnya yang terbebas dari penyakit tersebut.

Menurut dia, penanganan kasus flu burung tetap dilakukan oleh Komnas flu burung dan didalamnya termasuk Menteri Pertanian. Keberadaan Komnas Flu Burung sendiri dalam waktu dekat ini akan segera diganti dengan kelembagaan yang baru.

Data dari Kementerian Pertanian menyebutkan baru ada tiga provinsi yang bebas flu burung, yakni Maluku Utara, Gorontalo, dan baru-baru ini Kalimantan Barat.

Mentan mengatakan, jika masalah flu burung bisa diatasi, maka Indonesia bisa memanfaatkan peluang ekspor ke luar negeri yang luar biasa, tetapi potensi sektor perunggasan di Indonesia yang sudah terealisasi baru mencapai 60 persen.

"Salah satu penyebabnya adalah flu burung. Gerakan pencanangan peternakan sehat ini merupakan upaya pemerintah untuk mengatasi penyebaran flu burung," tutur Suswono.

Pemeliharaan unggas nantinya tidak terbuka atau dilepas karena tidak akan menguntungkan dan sangat rentan terhadap penyebaran penyakit dan sulit untuk mengendalikannya.

Di tempat yang sama, Bupati Sukabumi, Sukmawijaya, mendukung upaya penanganan flu burung yang dilakukan pemerintah pusat, antara lain, dengan melakukan kegiatan pengetatan atau 'bio security', pemusnahan unggas positif flu burung, vaksinasi ternak unggas yang sehat.

Ia menjelaskan, pada awal tahun 2010 ini, di Kabupaten Sukabumi, telah terjadi satu kasus kematian massal unggas sebanyak 569 ekor. "Kasus tersebut saat ini tengah ditangani oleh Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi, sehingga permasalahan flu burung segera diatasi," ujarnya. (Ant/OL-03)

http://www.mediaindonesia.com/read/2010/02/06/121541/71/14/30-Provinsi-belum-Bebas-Flu-Burung
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts