Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

40 Persen Kanker Bisa Dicegah, Asalkan..

Labels:
Jumat, 5 Februari 2010 | 09:34 WIB

KOMPAS.com — Hingga saat ini kanker masih jadi momok menakutkan. Padahal, hampir 40 persen penyakit kanker bisa dicegah asalkan kita mau berhenti merokok, mengurangi alkohol, tidak makan berlebihan, olahraga teratur, dan mendapat vaksin pencegah infeksi.

Langkah-langkah pencegahan tersebut disampaikan para pakar dalam rangka Hari Kanker Sedunia. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), satu dari delapan kematian setiap harinya disebabkan oleh kanker. Jumlah itu melebihi AIDS, TBC, dan malaria. WHO mengingatkan, tanpa adanya perubahan, kematian akibat kanker secara global bisa mencapai 17 juta pada tahun 2030 dari 7,6 juta saat ini.

Dalam laporan yang dilansir The International Union Againts Cancer, para ahli mengungkapkan, 21 persen dari seluruh jenis kanker disebabkan karena infeksi, seperti virus HPV yang menyebabkan kanker leher rahim serta infeksi hepatitis yang menyebabkan kanker hati.

Saat ini sudah tersedia vaksin pencegah kanker, tetapi baru tersedia di negara-negara maju. Tak heran jika 80 persen kematian akibat kanker leher rahim terjadi di negara miskin dan berkembang.

"Para pembuat kebijakan di seluruh dunia punya kesempatan dan kewajiban untuk melakukan vaksin demi menyelamatkan hidup banyak orang. Mereka juga perlu mengampanyekan perubahan gaya hidup untuk mengurangi risiko kanker," kata Cary Adam, Ketua International Union Againts Cancer, dalam siaran persnya.

Para pakar berpendapat, penyakit kanker yang umum diderita masyarakat di negara maju, seperti kanker paru, payudara, dan usus besar, sebenarnya bisa dicegah jika mereka mau mengubah gaya hidupnya.

http://kesehatan.kompas.com/read/2010/02/05/09340150/40.Persen.Kanker.Bisa.Dicegah.asalkan...
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts