Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

8.142 Warga Terserang ISPA

Sabtu, 6 Februari 2010 | 09:38 WITA

Malaria dan Diare: Enam Meninggal Dunia

MBAY, POS KUPANG, COM ---Data tahun 2009 menyebutkan, sebanyak 8.142 warga Kabupaten Nagekeo terserang infeksi saluran pernapasan atas (Ispa). Penyakit ini disebabkan faktor perubahan cuaca (iklim) dan kekurangan air bersih.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo, dr. Benyamin Boli di ruang kerjanya, Jumat (5/2/2010).

Dokter Boli menjelaskan, penyakit Ispa berhubungan dengan pergantian musim dari panas ke musim hujan. Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor debu. Selain ispa, malaria falsiran menempati peringkat II dengan jumlah penderita sebanyak 5.945 orang dan diare menduduki peringkat ketiga dari 10 jenis penyakit dominan di Nagekeo.

Penyakit malaria falsifarun yang terjadi sepanjang tahun 2009 menyebabkan tiga warga meninggal dunia. Sedangkan penyakit diare menyebaban tiga orang meninggal dunia.

Dia menambahkan, beberapa penyakit lain yang dialami warga di daerah ini selama tahun 2009 antara lain, gizi kurang 538 penderita, rabies 315 penderita, termasuk satu orang meninggal dunia. Gizi buruk dialami 22 penderita dimana dua korban meninggal dunia yang disebabkan cacat bawaan.

Selain itu, terdapat tiga kasus kematian akibat HIV/AIDS dari 15 pengidap penyakit mematikan ini. Kasus demam berdarah (DBD) sebanyak 13 penderita dimana satu orang meninggal dunia. Angka kematian ibu dan anak juga masih tinggi yakni tujuh orang ibu meninggal dunia dan 38 bayi meninggal dunia.

Menurut Dokter Boli, jumlah kasus yang terjadi sepanjang tahun 2009 cenderung menurun dibandingkan tahun 2008. Hal ini disebabkan tingkat kesadaran dan partisipasi warga untuk berperilaku hidup sehat terus meningkat. Selain itu, upaya meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap -penyakit tersebut terus dipantau setiap saat oleh dinas terkait.

”Kesehatan lingkungan merupakan faktor pendukung yang harus menjadi perhatian bersama,” katanya.

Dia menjelaskan program kesehatan lingkungan, pengobatan dan pelayanan, promosi kesehatan harus berjalan terpadu. (ee)

10 Penyakit Dominan di Nagekeo
1. Ispa
2. Malaria dengan pemeriksaan laboratorium
3. Malaria klinis
4. Sendi/rematik
5. Infeksi penyakit usus
6. Diare
7. Korban lakalantas
8. Tekanan darah tinggi
9. Penyakit kulit inveksi
10. Alergi kulit

http://www.pos-kupang.com/read/artikel/42899/8142-warga-terserang-ispa
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts