Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Aceh Tengah Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik

11 Februari 2010, 09:17

* Juga Kabupaten Pidie

TAKENGON - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah ditetapkan sebagai salah satu dari 32 kabupaten/kota di Indonesia yang meraih anugerah Citra Bhakti Abdi Negara yakni penghargaan pelayanan publik terbaik dari Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) RI tahun 2009. Penghargaan tersebut direncanakan akan diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Bupati Aceh Tengah, Ir H Nasaruddin MM di Istana Negara Jakarta, Kamis (11/2).

Kabag Humas Pemkab Aceh Tengah, Drs Windi Darsa MM, Rabu (10/2) mengatakan, berdasarkan surat Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Nomor: B/270/S.PAN-RB/2/2020 tanggal 3 Pebruari 2010, Kabupaten Tengah merupakan kabupaten/kota yang meraih penghargaan pelayana publik terbaik tahun 2009 dan diundang untuk memerima penghargaan itu di Istana Negara.

“Anugerah ini diberikan sebagai apresiasi terhadap kinerja pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia untuk merangsang peningkatan pelayanan publik tersebut. Di Provinsi Aceh, selain Aceh Tengah piagam penghargaan tersebut juga diraih Kabupaten Pidie,” katanya.

Bagi pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, penghargaan dari pemerintah di bidang pelayanan publik ini diberikan atas langkah nyata antara lain melalui berbagai kebijakan perbaikan di bidang pelayanan publik, juga merupakan apresiasi sekaligus motivasi dalam rangka meningkatkan pelayanan publik guna mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance) di daerah.

Disebutkan Windi, pada tanggal 14 Oktober 2009 tahun lalu tim penilai dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yang diketuai Drs Bambang Anom hadir ke daerah tersebut. Tim itu sekaligus melakukan kroscek ke lapangan terhadap mekanisme dan sistem pelayanan pemerintah kepada masyarakat, seperti RSU Datu Beru Takengon, Dinas Mobilitas Penduduk dan Cacatatan Sipil, Kantor Perizinan Satu Pintu, Kantor Camat Bebesen, SMP Negeri 10 Takengon serta sejumlah sarana publik lainnya di Kabupaten Aceh Tengah.

Dikisahkan Windi, kala itu tim melakukan penilaian terhadap enam elemen yakni kebijakan deregulasi dan debirokratisasi pelayanan publik, kebijakan peningkatan partisipasi masyarakat, kebijakan pemberian penghargaan dan penegakan disiplin, pembinaan teknis terhadap unit pelayanan publik, kebijakan unit pelayanan publik, serta terakhir pengembangan manajemen pelayanan yang ada pada masing-masg institusi. “Dari elemen yang dinilai ini, ternyata Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah masuk dalam katagori baik terhadap kinerja pelayanan publik pemeritah kabupaten/kota tahun 2009,” pungkasnya.

Pidie juga
Sementara itu Wakil Bupati Pidie, Nazir Adam SE yang ditanyai Serambi via ponsel tadi malam, mangakui Pemkab Pidie juga meraih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dari Menpan. “Benar, Alhamdulillah Pidie juga mendapat penghargaan serupa. Bahkan Bupati bersama Sekda sudah berangkat ke Jakarta, untuk menerima penghargaan tersebut langsung dari Presiden SBY,” kata Nazir Adam.(min/usb)

http://www.serambinews.com/news/view/23870/aceh-tengah-raih-penghargaan-pelayanan-publik-terbaik
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts