Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Cacing Parasit dalam Obat Diet

Rabu, 10/02/2010 16:00 WIB

Nurul Ulfah - detikHealth

Hongkong, Aneka ragam obat diet terus bermunculan. Baru-baru ini departemen kesehatan Hong Kong memperingatkan bahaya obat pelangsing dari China yang memakai cacing parasit. Cacing yang masuk melalui obat itu dipercaya bisa mengurangi berat badan karena memakan lemak di tubuh.

Orang yang ingin mengurangi berat badannya tak perlu mengurangi jumlah asupan makanannya karena si cacing dalam obat itu yang akan memakannya. Seperti itu kira-kira mekanisme kerja penurun obat penurun berat badan tersebut.

Produsen obat tersebut sengaja menambahkan telur cacing Ascaris ke dalam ramuan obatnya sebagai agen yang bisa mengurangi kelebihan lemak dalam tubuh. Setelah masuk ke dalam usus, cacing Ascaris itu bisa tumbuh hingga mencapai panjang 15 inci atau 38 cm dan bisa menghasilkan 200.000 telur setiap harinya.

Meski bisa mengambil lemak-lemak dalam tubuh, tapi departemen kesehatan Hong Kong menemukan kasus berbahaya akibat konsumsi obat tersebut. Selain mengurangi lemak, obat itu juga bisa menyebabkan sakit perut, mual-mual, diare bahkan kekurangan gizi (malnutrisi).

"Parasit yang masuk dalam tubuh bisa menyebabkan komplikasi usus yang serius bahkan bisa menyerang organ-organ penting lainnya seperti paru-paru," kata perwakilan departemen kesehatan Hongkong seperti dilansir Telegraph, Rabu (10/2/2010).

Cacing Ascaris bisa saja dibasmi dengan obat cacing, tapi jika kondisinya sudah sangat parah dan membahayakan, harus dilakukan operasi untuk mengangkat cacing tersebut dari tubuh.

Bisnis yang berhubungan dengan diet adalah bisnis besar dan laris di Hong Kong. Peningkatan jumlah penderita obesitas dan perubahan pola hidup seperti banyaknya makanan cepat saji, jam kantor yang panjang dan gaya kerja workaholic menjadikan obat penurun berat badan menjadi incaran 7 juta orang di sana.

Selain obat pelangsing berisi cacing, masih banyak obat diet lainnya seperti baju pemicu keringat, suntik pelarutan lemak hingga lilin pembakar lemak

Namun sebelum membeli obat-obat penurun berat badan, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter. Jangan mudah tertipu oleh klaim-klaim menyesatkan dari obat penurun berat badan. Tapi sebagus-bagusnya obat tersebut, masih lebih bagus berolahraga dan mengubah pola makan.(fah/ir)

http://health.detik.com/read/2010/02/10/160011/1296865/763/cacing-parasit-dalam-obat-diet
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts