Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Menakertrans: CAFTA Ancam Industri Kecil

Minggu, 21 Februari 2010 02:12 WIB

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia, Muhaimin Iskandar menyatakan kerjasama China-Asean Free Trade Area (CAFTA) mengancam industri tekstil di Indonesia. Demikian disampaikan Menakertrans saat ditemui di Jakarta, Sabtu (20/2).

Meski belum berimbas langsung, kata Muhaimin, lambat laun implementasi perjanjian itu bisa meruntuhkan industri tekstil dan beberapa sektor usaha lainnya. Pangsa pasar domestik industri tekstil nasional terus merosot dari 57 persen pada 2005 menjadi 23 persen di 2008.

Kini Menakertrans telah membentuk satuan tugas pemantauan pelaksanaan CAFTA. Satgas itu bakal memantau semua kawasan industri membuat analisa dan prediksi serta menyiapkan rencana aksi dan antisipasi atas perkembangan dunia perdagangan, terutama terhadap ekses negatifnya.

Sementara itu implementasi CAFTA yang tengah berlangsung kini mampu meningkatkan investasi langsung China ke Indonesia. Peningkatan dari US$ 11,8 juta pada 2005 menjadi US$ 173,9 juta pada 2008.(RAS)

http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newscatvideo/ekonomi/2010/02/21/100138/Menakertrans-CAFTA-Ancam-Industri-Kecil
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts