Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Risiko Penularan HIV Saat Hamil Lebih Tinggi

Labels: , ,
Senin, 24/05/2010 11:16 WIB

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Nairobi, Perempuan-perempuan di Afrika yang sedang hamil, berisiko lebih tinggi tertular HIV jika selama hamil masih melakukan hubungan seks dengan pasangannya. Perempuan hamil ini memiliki risiko penularan HIV hingga 2 kali lipat.

Hal ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Nairobi, terhadap lebih dari 3.300 pasangan yang didiagnosis positif HIV. Jumlah pasien yang terinfeksi tersebut meliputi 1.085 pria dan 2.236 wanita.

Dikutip dari Healthday, Senin (24/5/3010), penelitian itu dilakukan di Bostwana, Kenya, Uganda, Rwanda, Zamibia, Tanzania dan Afrika Selatan. Dalam pengamatan selama 2 tahun, kehamilan terjadi pada 823 pasangan.

Peningkatan risiko terjadi baik pada penularan dari pria ke wanita, maupun sebaliknya. Namun menurut penelitian tersebut, pengaruh pada penularan dari wanita ke pria lebih kuat dan nyata.

Diduga hal ini terkait dengan perubahan fisiologis dan imunologis pada wanita selama kehamilan, yang secara pasti belum terungkap dalam penelitian ini. Yang jelas, peningkatan risiko HIV tersebut tidak dipengaruhi oleh status sunat atau tidaknya si pria, maupun penggunaan alat pengaman saat berhubungan seksual.

Sementara pada wanita peningkatan risiko lebih disebabkan oleh faktor-faktor terkait kehamilan itu sendiri. Di antaranya meliputi perubahan pada perilaku seksual selama kehamilan.

Temuan ini akan dipresentasikan dalam International Microbicides Conference di Pittsburgh.

(up/ir)

http://health.detik.com/read/2010/05/24/111620/1362829/764/risiko-penularan-hiv-saat-hamil-lebih-tinggi?l991101755
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts