Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

YLKI: Pemerintah Gagal Kelola Transportasi Publik

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai pemerintah telah gagal mengelola transportasi publik sehingga mengambil kebijakan lain sebagai bentuk pelariannya. "Kebijakan pemerintah saat ini tampak aneh, kedodoran, dan menimbulkan dampak negatif," kata Koordinator Advokasi dan Transportasi YLKI, Tulus Abadi, Selasa (9/12) malam.
Pernyatan ini menanggapi rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan pemberlakuan three in one mulai pukul 06.30 hingga 20.00 WIB. Pembatasan ini akan dilaksanakan di sepanjang koridor busway, yaitu antara Blok M hingga Kota. Kebijakan ini akan diberlakukan mulai 20 Desember 2003. Hal ini terkait dengan segera di jalankannya proyek busway pada pertengahan Januari tahun depan. Diharapan dengan pemberlakuan three in one ini dapat mengurangi kemacetan karena banyaknya mobil pribadi.
Menurutnya, kebijakan pemerintah tersebut cukup mengganggu hak-hak konsumen pengguna jalan. Sebab, pemerintah membuat kebijakan tanpa persiapan yang matang, seperti penyiapan jaringan trayek transportasi yang nyaman. Jika kondisi pelayanan transportasi masih seperti saat ini, katanya, pemberlakuan kebijakan tersebut dinilai tidak cukup tepat. "Karena di satu sisi terjadi pembatasan tapi di sisi lain tidak disiapkan pengganti dari pembatasan-pembatasan itu," katanya.
By: Putri Alfarini
Source: Tempo, 9 Desember 2003
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts