Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Daftar Antre Calon Haji Malang hingga 2015

Selasa, 30 Juni 2009 09:20 WIB

MALANG-MI: Hingga tahun 2009, Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang masuk daftar tunggu mencapai 8.000 orang, yang diperkirakan baru bisa berangkat ke Tanah Suci pada 2015.

Kepala Seksi Haji Departemen Agama (Depag) Kabupaten Malang H Sjaiful Effendi, Selasa (30/6), mengatakan, CJH yang berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci dari Kabupaten Malang setiap tahunnya rata-rata hanya sekitar 1.500 orang, sementara yang mendaftar baru lebih dari 1.500 orang per tahun.

"Dari tahun ke tahun calon haji yang masuk daftar tunggu semakin banyak. Sekarang saja sudah mencapai 8.000-an orang dan bagi yang mendaftar tahun 2009 ini, kemungkinan bisa berangkat baru tahun 2015," katanya.

Menurut dia, CJH yang berangkat ke Tanah Suci, Mekkah, pada tahun 2009 sebanyak 1.500 orang, termasuk CJH yang mutasi dari sekitar Kabupaten Malang. Tahun ini yang mutasi dari Kota Malang sebanyak 300 orang dan dari Kabupaten Malang ke Kota Malang sekitar 50 orang.

Alasan para CJH mutasi ke Kota maupun Kabupaten Malang itu, di antaranya adalah mendekati muhrimnya, pekerjaan dan ingin satu kloter dengan kerabat dekatnya.

Untuk CJH yang mengundurkan diri, katanya, jumlahnya tidak banyak atau kurang dari satu persen. CJH yang mengundurkan diri tersebut sebagian besar disebabkan sakit, usianya sudah tua, meninggal dunia dan hamil.

Ia mengakui, sampai saat ini Depag setempat masih belum menentukan nominal biaya haji tahun 2009, masih menunggu kebijakan dari pusat termasuk paspor yang digunakan nanti, apakah paspor khusus haji yang berwarna coklat atau paspor internasional yang berwarna hijau.

"Kalau melihat waktu yang sudah mepet ini, saya yakin paspor yang berlaku masih tetap paspor coklat, tapi kalau tahun depan kemungkinan sudah menggunakan paspor hijau. Oleh karena itu, yang berangkat tahun depan segera menyiapkan semua kelengkapan administrasi untuk pembuatan paspor
hijau," katanya. (Ant/OL-7)

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/06/06/82722/91/14/Daftar-Antre-Calon-Haji-Malang-hingga-2015
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts