Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Kesadaran Warga Bengkulu Meningkat

Selasa, 30 Juni 2009 | 02:18 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com - Kesadaran warga Bengkulu melakukan vaksin rabies terhadap anjing peliharaannya terus meningkat. "Kesadaran masyarakat mevaksin rabies mencegah anjing agar tidak terjangkit penyakit itu mulai meningkat selama tahun 2009, itu terbukti dari permintaan vaksin sangat tinggi," kata Kepala Stasiun Karantina Pertanian dan Hewan Kelas I Bengkulu, Mahmud Siam di Bengkulu, Senin (29/6).

Bengkulu merupakan daerah endemis penularan rabies akibat gigitan anjing gila yang kian mengkhawatirkan, karena setiap tahun kasus tersebut selalu meningkat.

Animo warga tersebut meningkat setelah banyaknya kasus gigitan anjing gila dan anjing liar yang berakibat fatal dan berujung pada kematian.

Dalam Bulan Bakti Stasiun Karantina Pertanian dan Hewan Bengkulu melakukan pencegahan dan memvaksin anjing sebanyak 1.500 ekor agar terhindar dari rabies. "Kami melakukan stimulan itu agar merangsang instansi terkait atau orang lain untuk melakukan pencegahan dan penanganan rabies," katanya.

Bengkulu merupakan penularan rabies dan rentan terhadap terjangkitnya rabies karena Bengkulu merupakan wilayah perkebunan yang tersebar di kabupaten/kota sehingga masyarakat banyak yang memelihara anjing. "Anjing-anjing peliharaan dan anjing liar harus divaksin untuk menekan berjangkitnya rabies," ujarnya.

Kasus rabies akibat gigitan anjing setiap meningkat akibat anjing peliharaan dan anjing liar tidak divaksin rabies.

Selama tahun 2008, warga yang terkena gigitan anjing gila di Bengkulu mencapai 700 kasus dan itu diperkirakan akan terus bertambah.

Dari data yang diperoleh di setiap rumah sakit dan puskesmas juga ditemukan sebanyak 700 kasus dan warga yang terkena gigitan anjing gila banyak yang tidak melaporkan kasus tersebut. "Perlu kerja sama untuk melakukan perlindungan bagi masyarakat dari gigitan anjing gila, karena selama ini warga masih sangat minim pengetahuan soal bahaya rabies," jelasnya.

XVD
Sumber : Ant

http://regional.kompas.com/read/xml/2009/06/30/02180970/kesadaran.warga.bengkulu.meningkat..
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts