Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Kemiskinan Informasi Afrika Diperangi dengan SMS

Selasa, 30/06/2009 14:24 WIB

Uganda - Banyak cara untuk mengikis jurang kesenjangan informasi. Di Afrika misalnya, dengan alasan kondisi di negara tersebut yang lebih banyak pengguna ponsel ketimbang internet, maka dipilih cara yang lebih mengeksploitasi perangkat genggam itu.

Hal inilah yang dilakukan Google ketika memperluas ekspansi layanannya di benua hitam itu. Raksasa mesin pencari ini mengklaim ingin memerangi kemiskinan informasi di Afrika. Hal ini pun diwujudkan dengan meluncurkan sejumlah aplikasi mobile bagi para pengguna ponsel di Afrika. Pilot project dari layanan ini akan digulirkan di Uganda.

Aplikasi ini diklaim bagai memindahkan layanan web-browser ke dalam bentuk pesan teks. Sebab, aplikasi yang dinamakan Google SMS ini akan memungkinkan user mengakses informasi layaknya di PC. Google SMS terdiri dari Tips (tips), Search (pencarian) dan Trader (perdagangan).

Google SMS Tips menyediakan informasi mengenai kesehatan dan lokasi klinik, juga informasi tentang cuaca dan pertanian ke para petani. Google Search memberikan informasi apapun layaknya mesin pencari Google biasanya. Sementara Google Trader akan membantu para pedagang maupun pembeli untuk mencari atau mendapatkan barang yang mereka inginkan.

Semua ini bisa diakses dengan cara mengetikkan kata pencarian lewat ponsel mereka, kemudian Google akan meresponnya dalam bentuk SMS.

Dengan Google SMS ini, raksasa mesin pencari tersebut sepertinya telah melakukan langkah yang tepat, mengingat Afrika memang memiliki penetrasi ponsel 6 kali lipat lebih tinggi daripada penetrasi internet.

"Kami percaya, sangat penting bagi kami untuk menjangkau user dimana pun mereka berada, dengan informasi yang paling mereka butuhkan dan di area dimana terjadi kemiskinan informasi terbesar," ungkap Rachel Payne, Manager Google Uganda seperti yang dilansir detikINET dari InformationWeek, Selasa (30/6/2009). ( sha / ash )

http://www.detikinet.com/read/2009/06/30/141110/1156448/398/kemiskinan-informasi-afrika-diperangi-dengan-sms
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts