Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Baru 10% SDM Pariwisata Bersertifikasi Profesi

Labels: , ,
26.06.2009 20:25

Sanur, Sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata/perhotelan di Bali saat ini baru 10% yang sudah mengantongi sertifikat kompetensi profesi. Jumlah itu sekitar 1000 orang dari total tenaga pariwisata di Bali yang mencapai sekitar 10 ribuan. Secara nasional yang sudah bersertifikasi mencapai sekitar 4000 orang.

Manajer Sertifikasi dan Standarisasi Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Indonesia, Bali, I Gede Widjana mengakui sertifikasi profesi bidang pariwisata terlaksana secara bertahap sejak 2007. Biaya dari program sertifikasi profesi ini ditanggung dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, dan Badan Nasioanl
Sertifikasi Profesi.

"Tahun 2009 ini, Bali dapat jatah sekitar 200 orang, sedang secara nasional sekitar 1000 orang," ujar Widjana yang juga Director Nikki International Hotel School, di sela-sela acara Rakerda I PHRI Bali, Jumat (26/6) di Sanur.

Widjana yang mantan Direktur STP Nusa Dua ini mengakui biaya untuk sertifikasi kompetensi profesi pariwisata ini relatif mahal. Hitung-hitungannya per mata uji atau untuk penguasaan per satu item sampai Rp 300 ribu. Sedang standar item yang harus dikuasai minimal 3 item sampai 15 item.

"Kalau untuk tenaga house keeping minimal harus menguasai 3 item, " ujar Widjana. Dari 3 item tersebut masing-masing satu item untuk kompetensi umum, inti, dan khusus.

Bagi Widjana, sertifikasi kompetensi profesi ini amat penting di tengah-tengah persaingan global karena akan menjadi persyaratan untuk bisa bekerja di luar negeri terutama negara-negara maju yang menuntut profesionalisme tinggi. (sss)

http://www.beritabali.com/
1 comments:

Pomosikan Pariwisata Indonesia !!! Supaya tidak di catut oleh bangsa lain


Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts