Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Minim, Informasi Tentang Kanker

Labels: ,
Jumat, 31 Juli 2009 | 20:03 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Setiap tahun di Indonesia, 4.100 kasus baru kanker pada anak muncul. Badan Kesehatan Dunia atau WHO memperkirakan jumlah ini akan naik 50 persen pada tahun 2020 atau sekitar 16 miliar. Kondisi itu dapat ditekan dengan penyuluhan informasi yang tepat.

"Kesakitan dan kematian akibat kanker anak disebabkan oleh kurangnya informasi dini tentang kanker, sistem pembayaran, dan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan." kata Nurhanita, Direktur Eksekutif Koalisi untuk Indonesia Sehat(KuIS)di Yayasan Kanker Indonesia, pada Jumat (31/7).

Terpanggil oleh keadaan itu, Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) dan Koalisi untuk Indonesia Sehat (KuIS) melakukan kampanye berbasis komunitas bernama My Child Matters (MCM).

"MCM ini berfungsi meningkatkan pengetahuan kader dan petugas puskesmas mengenai kanker anak." papar Nurhanita.

Selain itu, dengan adanya MCM ini diharapkan, pertama, pasien tahu kemana pihak yang harus dituju ketika menginginkan keringan biaya pengobatan.

Kedua, pasien makin kenal dengan para pengurus YKI. Harapannya, kedekatan dengan orang-orang YKI dapat membantu menutup biaya-biaya pelengkap itu seperti transportasi merupakan biaya di luar biaya pengobatan gratis yang dijaminkan pemerintah.

Ketiga, pasien sejak awal memahami bahwa tidak semua biaya pengobatan diganti pemerintah.Keempat, makin tahu syarat administrasi apa yang harus dilengkapi untuk mengurus GAKIN.

Nurhanita menambahkan, saat ini Jakarta hanya menyediakan empat rumah sakit. "RS. Cipto Mangunkusumo(RSCM), RS. Harapan Kita, RS. Gatot Subroto, dan RS. Fatmawati," imbuh Nurhanita.

M2-09

http://kesehatan.kompas.com/read/xml/2009/07/31/20032046/minim.informasi.tentang.kanker
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts