Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Ribuan Warga Palangkaraya Menderita ISPA

Labels: ,
Jumat, 31 Juli 2009 09:30 WIB

Metrotvnews.com, Palangkaraya: Dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, mulai bermunculan. Ribuan warga di kota itu kini menderita penyakit infeksi saluran pernafasan atas (Ispa). Jumlah penderita Ispa dalam tiga minggu terakhir di bulan Juli ini mencapai 1.070 orang. Mereka tersebar di sembilan puskesmas di Palangkaraya.

Kabut asap memang semakin parah. Untuk mengurangi dampak kabut asap warga mengenakan masker saat berada di luar rumah. Namun, upaya ini tidak selalu efektif. Kepala Bidang Pengendalian Masalah Penyakit Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya Tiur Simatupang mengatakan, warga mengeluh sesak nafas, batuk dan filek. Penderita Ispa ini kebanyakan anak-anak balita.

Tiur memperkirakan jumlah penderita Ispa akan bertambah apabila kondisi udara dan kabut asap masih menyelimuti Kota Palangkaraya. Saat ini pihak Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya telah membagi-bagikan masker ke sejumlah puskesmas untuk diberikan kepada pasien Ispa, terutama anak-anak, ibu hamil dan orang tua.

Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya juga akan membagi-bagikan masker ke sekolah-sekolah. Tiur Simatupang menambahkan, pihaknya berharap warga bisa menjaga kesehatan dengan pola hidup yang bersih, sehingga terhindar dari penyakit Ispa.(Tantawi Jauhari/DOR)

http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/1407/31/7/2009/Ribuan-Warga-Palangkaraya-Menderita-Ispa
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts