Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

AS Keluarkan Larangan Manipulasi Pasar Minyak

Jumat, 7 Agustus 2009 | 08:36 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Amerika Serikat pada Kamis (6/8) waktu setempat mengeluarkan peraturan baru di pasar minyak yang melarang manipulasi pasar dari penyediaan informasi yang menyesatkan untuk memengaruhi harga.

Komisi Perdagangan Federal (Federal Trade Commission/FTC) dalam sebuah pernyataan mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan aturan yang "akan melarang penipuan atau kebohongan di pasar grosir bahan bakar minyak, dan kelalaian informasi yang material yang mungkin memutarbalikkan pasar minyak."

Setiap orang yang melanggar aturan sipil menghadapi hukuman denda sampai satu juta dollar AS per pelanggaran per hari, kata FTC.

Peraturan tersebut mulai berlaku efektif pada 4 November. "Ini aturan baru yang akan memungkinkan kami mengambil tindakan keras pada penipuan dan manipulasi yang dapat meningkatkan harga di pompa (SPBU)," Ketua FTC Jon Leibowitz mengatakan dalam sebuah pernyataannya.

"Kami akan menjadi polisi pasar minyak dan jika kami menemukan perusahaan yang memanipulasi pasar, kami akan menindak mereka."

Aturan baru melarang melakukan seperti pengumuman publik palsu dari rencana harga atau mengeluarkan keputusan dan statistik palsu atau data laporan palsu.

Apa yang disebut "cuci penjualan," dimaksudkan untuk menyembunyikan likuiditas sebenarnya di pasar atau harga produk tertentu, juga dilarang.

Peraturan juga melarang "kelalaian material" dari sebuah pernyataan yang menyesatkan, FTC mengatakan.

Volatilitas di pasar minyak menjadi di bawah pengawasan sejak harga minyak mentah membubung ke rekor tertinggi di atas 147 dollar per barrel pada Juli 2008 dan turun tajam di bulan berikutnya.

Spekulasi telah mendorong produsen minyak yang ada untuk berkolusi memanipulasi harga.

EDJ
Sumber : Antara

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/08/07/08360828/AS.Keluarkan.Larangan.Manipulasi.Pasar.Minyak
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts