Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Bandung KLB Flu

Labels:
Kamis, 06 Agustus 2009 15:33 WIB

BANDUNG--MI: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) untuk semua jenis flu (influenza) setelah flu massal menyerang ratusan siswa SMPN 52 Bandung.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Gunadi Sukma Bhinekas, di Bandung, Kamis (6/8) mengungkapkan status KLB tersebut diberlakukan menyusul kejadian 143 siswa terserang flu dalam waktu bersamaan.

"Karena waktunya bersamaan dan menyerang banyak orang, jadi ini bisa disebut luar biasa," ujar Gunadi saat ditemui wartawan di sela peringatan hari keluarga nasional (Harganas) di Balai Kota Bandung.

Ia menjelaskan, walaupun kejadian yang menyerang para siswa itu dikategorikan influence murni, tetapi tetap harus diwaspadai. Terlebih, sudah ada surat imbauan dari Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar mengenai hal ini. "Kita masih melakukan penelitian tentang flu massal yang menyerang para siswa tersebut, tapi yang saya tahu, itu hanya influenza murni, bukan flu babi seperti yang dikuatirkan," ungkapnya.

Dinkes mengimbau agar masyarakat Kota Bandung menjaga kesehatan dengan pola makan seimbang dan asupan gizi yang memadai, serta olah raga yang cukup, sebab, yang dapat mencegahnya hanya kekuatan tubuh yang baik.

Ia mengaku Pemkot Bandung tidak dapat berbuat banyak menanggapi kejadian ini. Pasalnya, pihaknya terkendala kemampuan keuangan pemerintah daerah. Sehingga, pihaknya tidak mampu memberikan vaksin secara gratis bagi masyarakat Kota Bandung. "Biayanya cukup besar, dan kami kesulitan jika harus merealisasikan itu. Termasuk untuk penyediaan masker untuk pencegahan penyebaran virus," katanya.

Wali Kota Bandung Dada Rosada mengaku tidak dapat berbuat banyak menanggapi makin maraknya penyebaran virus influenza. Dada juga menyangsikan kemampuan anggaran daerah untuk memberikan vaksin bagi masyarakat.

"Vaksin itu harganya Rp150 ribu per orang, dan ini sangat mahal. Namun kita sedang usahakan anggaran yang ada dari program kesehatan. Selain itu 'buffer stock' juga bisa digunakan," katanya. (Ant/OL-06)

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/08/08/89073/123/101/Bandung-KLB-Flu
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts