Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Guru Dilarang Cederai Murid

Labels: , ,
28 Agustus 2009

BANDUNG - Kepala Dinas Pendidikan Bandung, Jawa barat, Oji Mahroji, melarang semua guru melakukan tindakan yang dapat mencederai murid. ”Seorang guru dilarang melakukan tindakan atau perbuatan yang dapat mencederai anak didik,” ujarnyak kemarin.

Dia menyatakan pendidik juga dilarang menekan atau membuat murid merasa tertekan. Tindakan itu terlarang baik ketika pembelajaran maupun di pembelajaran.

”Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan seorang guru adalah mencederai murid, membuat murid tertekan, dan mengeluarkan kata-kata kotor,” ujar dia.

Dia menegaskan hal itu sehubungan dengan tindakan yang dilakukan seorang guru agama di SMP Pasundan Bandung, baru-baru ini.

”Saat itu dia (guru agama SMP Pasundan- Red) mau mengenalkan betapa panas neraka, yakni dengan membakar pipi korban dengan korek api. Namun bukan begitu caranya,” katanya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda menyatakan akan segera memanggil Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung berkait dengan kasus yang menimpa siswa SMP Pasundan 7 Bandung tersebut.

”Kami akan segera memanggil Kepala Dinas Pendidikan dan akan meminta keterangan mengenai kronologi kejadian di SMP 7 Bandung,” ujarnya.

Dia mengemukakan memberikan pendidikan kepada siswa tak memerlukan kekerasan. Masih banyak metode yang bisa dilakukan. Apalagi yang bersangkutan adalah guru agama. Dia belum bisa melakukan tindakan atau memberikan sanksi. Sebab, belum ada laporan mengenai kronologi kejadian itu.

”Dengan kejadian itu, saya berharap semua warga masyarakat berani melaporkan jika ada sesuatu yang terjadi pada anaknya di sekolah,” ujar dia. (ant-53)

http://www.suaramerdeka.com/
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts