Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Kebakaran Lahan, Kualitas Udara Palangkaraya Tidak Sehat

Jumat, 7 Agustus 2009 | 08:32 WIB

Laporan wartawan KOMPAS Cyprianus Anto Saptowalyono

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Kualitas udara tidak sehat masih terjadi di Palangkaraya, ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, seiring maraknya kebakaran lahan di daerah tersebut.

Papan display Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang dipasang di bundaran besar pusat Kota Palangkaraya pada Jumat (7/8) masih menampilkan indikator tidak sehat di layar.

Tampilan di layar tersebut menunjukkan bahwa partikel berukuran kurang dari 10 mikron (PM10) merupakan parameter kritis yang mengakibatkan kualitas udara memburuk.

Seperti dituturkan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Laboratorium Lingkungan Badan Lingkungan Hidup Kota Palangkaraya Andre Manurung, PM10 merupakan parameter kritis yang banyak muncul di musim kemarau dan diduga terkait dengan tingginya konsentrasi partikel debu atau abu akibat kebakaran lahan.

Ada tiga stasiun pengamatan kualitas udara di Palangkaraya, yakni di sekitar bilangan Temanggung Tilung, antara Jalan Murjani dan Diponegoro, dan di Kompleks Balai Kota Palangkaraya.

Hasilnya kemudian ditampilkan di layar papan ISPU di bundaran besar untuk memberi gambaran bagi warga kota mengenai kualitas udara di kotanya.

Sementara itu, pihak Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya mengimbau agar pada kondisi udara tidak sehat warga mengurangi kegiatan yang tidak perlu di luar ruangan, cukup beristirahat, menggunakan masker saat bepergian, dan makan makanan dengan gizi seimbang.

http://regional.kompas.com/read/xml/2009/08/07/08320180/Kebakaran.Lahan..Kualitas.Udara.Palangkaraya.Tidak.Sehat
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts