Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Wal-Mart akan Gunakan “Label Hijau”

Senin, 20 Juli 2009 16:09

Wal-Mart Stores Inc akan membuat “label hijau” untuk produknya. Wal-Mart akan membuat indeks terkait bahan dasar yang ada pada setiap produknya.

Dikutip dari Reuters, Chief Merchandising Officer John Fleming berkata,”Informasi ini akan diberitahukan kepada konsumen, mengenai seberapa banyak bahan katun yang digunakan, berapa banyak miles yang digunakan, serta akan dilakukan pembedaan pada produk yang dikonsumsi konsumen tertentu.”

Indeks yang dilakukan oleh Wal-Mart akan dapat mengukur dampak sosial dan lingkungan yang diakibatkan dari produk-produk tersebut. Setelah dilakukan peng-indeks-an rencana dilanjutkan dengan pembuatan eco-label.

Terkait hal ini CEO Mike Duke mengungkapkan bahwa pihaknya menginginkan hal ini sebagai standar global, bukan hanya Wal-Mart.

Wal-Mart adalah perusahaan Amerika Serikat yang menjalankan jaringan depatement stores. Pada tahun 1972, Wal-Mart didirikan oleh Sam Walton dan tercatat dalam Bursa Saham Nw York sepuluh tahun kemudian, yakni 1972.

Perusahaan ini telah beroperasi dibanyak negara meski tidak menggunakan nama yang sama. Semisal, di Jepang dengan nama Seiyu, Kanada dan Meksiko dengan nama Walmex.

Arif Hatta ( hatta@wartaekonomi.com )

http://www.wartaekonomi.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2601%3Awal-mart-akan-gunakan-label-hijau-&catid=53%3Aaumum&Itemid=1
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts