Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Realisasi Pembangunan Pasar Tradisional Baru 9,41 Persen

Selasa, 29 September 2009 18:06 WIB

Penulis : Jajang Sumantri

JAKARTA--MI: Hingga menjelang akhir September 2009 ini, realisasi pembangunan pasar tradisional melalui anggaran stimulus 2009 baru mencapai 9,41% dari alokasi dana stimulus sebesar Rp215 miliar.

Sementara realisasi pembangunan gudang pangan di daerah baru menyerap 7,89% dari alokasi dana Rp120 miliar. Padahal pemerintah daerah sebagai penerima stimulus sudah berkomitmen bisa merealisasikan proyek pada Oktober 2009. Proses birokrasi yang masih berbelit di daerah dituding menjadi penghambat realisasi kedua stimulus ini.

"Dari awal sudah kami tekankan kepada pemerintah daerah sebagai penerima stimulus untuk menyelesaikan pada Oktober. Kesepakatan hitam dan putih sudah ada," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Departemen Perdagangan, Subagyo, di sela-sela rapat dengar pendapat dengan Komisi VI yang membidangi Perdagangan dan Perindustrian DPR RI, di Jakarta, Senin (28/9) lalu.

Namun karena alasan proses birokrasi, komimen tersebut tidak bisa dipenuhi. Peristiwa di daerah seperti adanya mutasi pejabat, digabungnya proses tender dalam satu atap dengan proyek-proyek lain, dan ada beberapa daerah yang kepala daerahnya terlambat menunjuk komite pelaksana anggaran (KPA) dan bendaharawan.

Karena itu, imbuh Subagyo, pemda memintah perpanjangan waktu untuk menyelesaikan semua tahapan penyerapan dana stimulus tersebut. "Melalui kesepakatan baru pemerintah daerah menyatakan sanggup menyelesaikan pada akhir tahun ini. Mereka sudah berkomitmen bisa menyelesaikan hingga akhir tahun," ujar Subagyo.

Hingga saat ini, menurut data Departemen Perdagangan, realisasi pembangunan pasar tradisional menunjukkan sudah ada 15 daerah yang melakukan pembangunan fisik, 4 daerah telah menetapkan pemenang, dan 4 daerah sedang dalam proses tender. (Jaz/OL-02)

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/09/09/97746/4/2/Realisasi-Pembangunan-Pasar-Tradisional-Baru-941-Persen
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts