Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Sampah di DKI adalah "Bom Waktu"

Selasa, 29 September 2009 | 14:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sampah bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dinilai tetap menjadi bom waktu yang setiap saat dapat meledak karena pembangunan gedung-gedung pencakar langit dan volume pertambahan sampah Jakarta tetap meningkat setiap tahun.

Bahkan, menurut penelitian Japan International Cooperation Agency (JICA), peningkatannya berada pada kisaran 5 persen per tahun, atau 337 ton per tahun. "Sedangkan kualitas TPA sampah berdasarkan berbagai penelitian merupakan bentuk tertua perlakuan terhadap sampah," kata Outreach Services Dana Mitra Lingkungan, Maryanto dalam diskusi bertajuk "Sarat Pencakar Langit, Jakarta Tak Miliki Tempat Pembuangan Akhir Sampah" di Jakarta, Selasa (29/9).

Menurutnya, permasalahan sampah yang dialami DKI Jakarta saat ini telah masuk kategori stadium 4. Karena itu, diperlukan teknologi jangka pendek untuk dapat menangani masalah sampah itu dengan sesegara mungkin.

Dengan jumlah penduduk terbesar di antara kota-kota metropolitan di Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menurutnya, hanya mampu mengumpulkan dan mengangkut sampah tersebut ke TPA saja. Padahal, penangan semacam itu, menurutnya, seringkali menimbulkan permasalahan baru di TPA. "Seperti timbunan sampah, pencemaran udara atas sengatan bau serta konflik masyarakat sekitarnya," katanya.

Masalah sampah bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menjadi masalah serius untuk ditangani. Bahkan, menurut data yang dimiliki pakar teknologi lingkungan Universitas Indonesia, Firdaus Ali, hingga akhir 2008 total jumlah timbunan sampah DKI Jakarta mencapai 27.966 meter kubik per hari atau 6.663 ton per hari.

C10-09

http://megapolitan.kompas.com/read/xml/2009/09/29/14351072/sampah.di.dki.adalah.bom.waktu
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts