Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Uang Anda Terbakar? Jangan Khawatir, BI akan Menggantinya

Sabtu, 5 September 2009 | 05:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang memiliki uang yang terbakar, jangan cepat-cepat dibuang. Karena uang Anda itu bisa ditukar yang baru sesuai dengan nilai nominalnya.

"Kalau terbakarnya maksimal 3/4 atau 60 persennya akan kami ganti kalau ditukarkan ke BI," kata Edi Siswanto, Direktur Pengedaran Uang Bank Indonesia (BI) kepada para wartawan di Gedung BI Jakarta, Jumat (4/9). Bahkan menurut Edi, uang kertas yang menjadi arang karena terbakar juga bisa diganti. Asalkan, bentuk uang tersebut masih utuh. Misalnya uang yang terbakar di dalam brankas.

"Kalau arangnya masih ada. Kalau nilainya masih bisa ditaksir, akan kami analisis di laboratorium dan kami ganti," ucapnya.

Penggantian uang oleh BI ini juga berlaku jika uangnya cacat. Misalnya, ada uang yang salah cetak dan beredar di masyarakat, itu bisa diganti secara utuh sesuai nilai nominalnya.

"Namun, sampai ada yang salah cetak, sangat-sangat jarang," demikian Edi.

ONE

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/09/05/05151190/uang.anda.terbakar.jangan.khawatir.bi.akan.menggantinya
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts