Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Banjir dan Longsor Ancam Warga

Kamis, 01-10-09 | 21:00

ENREKANG -- Kebakaran kawasan hutan yang terjadi di beberapa titik di Kabupaten Enrekang dikhawatirkan menimbulkan bencana alam saat musim hujan tiba. Dampak dari kebakaran tersebut mengakibatkan kawasan hutan yang terbakar menjadi gundul sehingga rawan mengakibatkan tanah longsor dan banjir ketika memasuki musim hujan yang diperkirakan akhir Oktober atau awal November.

Hanya berselang dua hari, kebakaran hutan pinus kembali terjadi di Kelurahan Lakawan, Anggeraja, Rabu, 30 September. Senin lalu, Gunung di Katto-katto, Batili dan kawasan hutan Desa Cemba juga terbakar. Pekan sebelumnya, kebakaran melanda kawasan hutan Desa Bambapuang, Anggeraja dan gunung di Desa Mendatte.

"Kebakaran ini jelas akan rawan menibulkan banjir dan tanah longsor saat hujan nanti, sehingga warga diminta untuk berhati-hati dan ikut membantu mencegah terjadinya kebakaran hutan," pinta Baharuddin, Rabu, 30 September.

Untuk mengembalikan kondisi hutan seperti semula pascabencana diperlukan waktu bertahun-tahun dengan dana yang tentu tidak sedikit. Penyebab kebakaran yang terjadi selama ini diyakini akibat unsur kesengajaan dari masyarakat yang ingin membuka lahan pertanian. "Mengapa saya bilang disengaja dibakar, karena awal kebakaran itu selalu dimulai dari atas puncak gunung bukan dari bawah ke atas," kata Baharuddin.

Dia mengaku petugas jagawana atau polisi kehutanan (polhut) telah mengamankan satu warga Kecamatan Baraka yang kedapatan membakar lahan perkebunan miliknya, tapi menghakibatkan kawasan hutan ikut terbakar. Hanya, dia enggan mengungkapkan nama pelaku yang diamankan tersebut. (kas)

http://www.fajar.co.id/index.php?option=news&id=70214
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts