Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Harga Elpiji Tabung 12 Kg Naik, Warga Beralih ke Tabung 3 Kg

Kamis, 29 Oktober 2009 01:47 WIB

MUSI RAWAS-MI: Warga Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatra Selatan, sebagian besar mulai beralih menggunakan tabung gas ukuran 3 Kg, akibat harga gas LPG ukuran 12 Kg mengalami kenaikan dari Rp72.000 menjadi Rp85.000.

"Harga isi ulang tabung ukuran 12 kg saat ini sudah mencapai Rp85.000, naik dari harga sebelumnya Rp72.000. Jadi kita pilih mengisi tabung ukuran 3 Kg dengan harga lebih murah antara Rp16.000 hingga Rp17.000, dan juga banyak dijual di kampung-kampung," kata Rodiah (31 tahun), warga Desa A-Widodo, Tugumulyo, Musi Rawas, Rabu (28/10).

Warga memilih tabung LPG ukuran 3 Kg selain kenaikan harga gas ukuran 12 Kg, juga karena untuk kebutuhan rumah tangga tidak terlalu banyak, sehingga perbulannya hanya membutuhkan dua kali pengisian tabung ukuran serupa, sebab penggunaan tabung 3 Kg mampu bertahan hingga dua minggu.

"Bagi ibu rumah tangga beda harga Rp500 saja itu sangat berarti, apalagi harga ini selisih hingga Rp20.000 sangat memberatkan terutama saat ini harga barang-barang serba mahal," katanya.

Hal senada juga diutarakan Rahma (52), warga Desa B Srikaton, kenaikan harga LPG ukuran 12 kg tersebut amat memberatkan masyarakat kecil, mengingat kenaikkan harga barang tersebut tidak diimbangi dengan kenaikkan pendapatan.

"Masyarakat kecil hanya tau mengeluh, untuk berbuat lebih tidak bisa. Apalagi minyak tanah saat ini juga sudah tidak ada lagi, kalaupun ada harganya sangat mahal," jelasnya.

Rusman, salah seorang pedagang LPG 3 Kg di Pasar B Srikaton, menjelaskan, kenaikkan harga LPG 12 Kg Rp85.000 per tabung terjadi dalam sepekan ini.

"Kenaikan ini baru secara bertahap, karena menurut informasi dari agen lainnya harga itu akan terus naik," ujarnya yang juga sering menerima laporan dan keluhan dari kalangan ibu rumah tangga akibat kenaikan harga barang tersebut.

Sementara itu, Kabag Ekonomi Pemkab Musi Rawas, Kgs Effendi Ferry menjelaskan, dengan kenaikan harga LPG 12 Kg tersebut akan membuat pihaknya akan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk penggunaan LPG 3 Kg.

"Kemudahan ini diberikan untuk warung-warung dan masyarakat lainnya, sehingga di setiap tempat nantinya diharapkan kalangan ibu-ibu yang beralih menggunakan tabung ukuran 3 Kg tidak mengalami kesulitan," katanya. (Ant/OL-7)

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/10/29/102737/126/101/Harga-Elpiji-Tabung-12-Kg-Naik-Warga-Beralih-ke-Tabung-3-Kg
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts