Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

PLN Diminta Dibubarkan

Kamis, 29-10-09 | 23:37

LUWUK -- Aksi demo PLN yang diprakarsai Front Perjuangan Rakyat Bersatu (FPRB), Rabu (28/10) kemarin masih berlanjut. Berbeda pada hari sebelumnya, dimana tidak terjadi forum dialog antara pendemo dengan pihak PLN yang dimediasi DPRD Banggai. Kemarin justru agenda audiens dihelat.

DPRD Banggai selain mengundang PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Cabang Luwuk juga menghadirkan Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Banggai. Dalam dengar pendapat yang dilaksanakan di ruang rapat Fraksi Golkar, pihak PLN langsung dihadiri Kepala Cabang, Muh. Nasrun. Dirinya tidak sendiri. Akan tetapi didampingi sejumlah asisten managernya. Sementara Dinas Pertambangan dan Energi hanya diwakili Sekretaris dan Kepala Bidangnya.

Rapat yang dipimpin Ketua Komisi B DPRD Banggai, Oskar R. Paudi langsung memberikan kesempatan kepada pihak PLN untuk menjelaskan kondisi terjadinya krisis energi listrik di Kabupaten Banggai.
Kepala PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Cabang Luwuk, Muh.

Nasrun mengatakan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan terjadinya pemadaman listrik. Pertama karena adanya gangguan jaringan mulai dari Luwuk-Batui, Luwuk-Pagimana hingga Ampana ibu kota Kabupaten Tojo Una-Una. "Jaringan ini rentan terjadi gangguan. Bisa karena adanya pohon tumbang, binatang serta cuaca," jelas dia

Penyebab kedua yakni mesin pembangkit. Pihaknya saat ini menggunakan mesin diesel yang sudah berumur tua. Akibatnya kemacetan mesin sering terjadi. "Ini ibarat kendaraan. Kalau yang tua dibanding dengan yang baru jelas beda," kata dia menggambarkan.

Penyebab ketiga kata Nasrun adalah menurunnya debit air. Musim kemarau yang terjadi saat ini sangat mempengaruhi debit air yang berada pada sejumlah PLTM. Debit air yang terus saja berkurang, ditambah mesin tua sehingga pemadaman lsitrik tidak bisa dihindari. (lp)

http://www.fajar.co.id/index.php?option=news&id=72359
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts