Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Tambah Daya Listrik? Hubungi Call Centre PLN Saja!

Selasa, 27/10/2009 15:42 WIB

Bandung - Pada hari listrik nasional ke-64 tahun, 27 Oktober 2009, PLN Distribusi Jawa Barat & Banten mengukuhkan tekadnya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan di berbagai sisi. Salah satu upaya tersebut dikembangkannya layanan tambah daya via call center PLN 123.

Layanan ini merupakan optimalisasi Call Center yang selama ini hanya memberikan informasi satu arah kepada pelanggan, menjadi berbagai layanan yang bersifat dua arah (contact center).

Pada awalnya call center hanya melayani pelayanan gangguan, lalu ditambah layanan biling info (info tagihan). Sejak saat ini, call center telah melayani tambah daya sampai dengan 4.400 VA untuk semua golongan tarif.

Rencananya, untuk ke depan layanan ini dikembangkan untuk melayani pasang baru dan berbagai layanan PLN lainnya.

Saat ini layanan contact center bisa diakses melalui telepone 123 di wilayah Bandung, Majalaya, dan Cimahi. Untuk kedepanya, layanan ini bisa diakses melalui sms dan wifi kerjasama antara PLN dengan PT ICON.

Di Bandung, telah terdapat 6 titik wifi seperti di Jl Asia Afrika, BIP, Cikapayang, dll. Layanan call centre ini juga dimanfaatkan sebagai media komunikasi pelanggan terkait dengan penghematan energi.

Layanan call center tersebut merupakan salah satu wujud penerapan Good Coorporate Governance (GCG)di lingkungan pelaku usaha ketenagalistrikan.

Dalam kesempatan tersebut, PLN bersama seluruh pelaku usaha kelistrikan yang terdiri atas asosiasi kontrakror listrik (AKLI, AKLINDO, PAKLINA), pemeriksa instalasi listrik ( KONSUIL) dan disaksikan oleh Forum Lembaga Pengaduan Konsumen, dan Masayarakat Kelistrikan menandatangani pakta integritas GCG yang meliputi kepastian informasi layanan : (1) kepastian Prosedur (2) kepastian biaya dan (3) kepastian waktu.

Rasio Elektrifikasi
Dalam upaya melistriki masyarakat Jawa Barat, PLN DJBB bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat baik melalui pemanfaatan Listrik PLN maupun pemanfaatan energy alternatif seperti PLTMH Mandiri, PLTS (Surya), dan program CSR PLN.

Saat ini (September 2009) Rasio desa terlistriki di Jawa Barat sebesar 99,85 persen dengan desa yang berlum terlistriki sebanyak 9 Desa di daerah Garut( Cisewu, Pendeuy, Cibalong, Cikelet) & Cianjur (Cidaun, Cikaju).

Direncanakan tahun ini semua desa di Jawa Barat dan Banten sudah terlistriki semua. Sedangkan untuk rasio elektrifikasi per-KK Jawa Barat sudah mencapai 66 persen dengan asumsi jumlah pelanggan Rumah Tangga sekitar 7.1.72.879 pelanggan dan jumlah KK di Jawa Barat sebesar 11.0446.016 KK

Penghematan Energi dan Pelestarian Lingkungan
Untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, PLN membutuhkan partisipasi masyarakat untuk menghemat energi. Selama tahun 2009, tercatat dari 46.460 pelanggan (rumah tangga, bisnis besar), sebanyak 22.007 (43,4 %) pelanggan pemakaiannya masih di atas batas hemat dengan total kWh terpakai 101.479.344 kWh (berpotensi setara dengan penambahan daya sekitar buat 115.000 pelanggan dibawah 4.400 VA).

Untuk itu, pada kesempatan Hari Listrik Nasional ke-64 ini, PLN memberikan penghargaan atas partisipasi aktif masyarakat dalam turut menghemat energi serta masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam pelestarian lingkungan.
(adv/adv)

http://bandung.detik.com/read/2009/10/27/154226/1229528/486/tambah-daya-listrik-hubungi-call-centre-pln-saja
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts