Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Indonesia Bakal Terendam Banjir

Rabu, 30 Desember 2009 | 8:56 WIB

Yogyakarta - SURYA- Banjir akibat luapan air laut diperkirakan melanda Indonesia di masa datang, karena adanya perubahan iklim secara global, kata peneliti Pusat Studi Bencana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Muhammad Aris Marfai.

“Selama ini banjir di Indonesia lebih banyak disebabkan oleh meluapnya air sungai, namun di masa mendatang akan terjadi sedikit perubahan. Banjir akibat luapan air laut sekarang sudah mulai melanda Semarang dan Jakarta,” katanya di Yogyakarta, Selasa (29/12).

Menurut dia pada seminar pengurangan risiko bencana, Indonesia menduduki peringkat tiga di dunia sebagai negara yang paling rawan terhadap bencana banjir.

“Posisi Indonesia tersebut berada di bawah India dan China yang menduduki peringkat pertama dan kedua negara paling rawan bencana banjir di dunia,” katanya.

Ia mengatakan sering munculnya bencana banjir di Indonesia disebabkan beberapa faktor, di antaranya curah hujan tinggi, sebagian tanah tidak lagi mampu menyerap air dengan baik, dan perubahan penggunaan tanah.

“Untuk mengurangi risiko bencana, banyak hal yang dapat dilakukan di antaranya dengan persiapan mitigasi bencana, pengelolaan organisasi, dan menjaga daerah hulu sebagai kawasan resapan air,” kata dosen Fakultas Geografi UGM itu.

Peneliti lain Lies Rahayu mengatakan gerakan pendidikan kebencanaan perlu dilakukan agar ancaman bencana dapat diatasi dan risiko bencana dapat diminimalkan.

“Dalam implementasinya, hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan bermacam media seperti audio (siaran radio), visual (poster, leaflet, booklet, buku saku, dan berita surat kabar), serta audio visual (siaran televisi),” katanya. Ant/luc/warta kota

http://www.surya.co.id/2009/12/30/indonesia-bakal-terendam-banjir.html
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts