Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Obati Wasir dengan Lima Bahan Alami

Selasa, 17 November 2009 15:00 WIB

Penulis : Ikarowina Tarigan

WASIR atau ambeien penyakit yang ditandai dengan munculnya gumpalan atau pembengkakan di sekitar anus yang memicu rasa sakit bisa disembuhkan secara alami.

Penyakit wasir, biasanya diserati dengan gejala-gejala perdarahan di penghujung buang air, perasaan penuh dan rasa ingin buang air meskipun tidak ada kotoran, rasa sakit akut, gatal, serta iritasi di sekitar anus. Kondisi ini seringkali membuat penderita kesulitan duduk dan berjongkok. Bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa menggunakan obat yang diresepkan dokter. Selain itu, Anda juga bisa mempercepat penyembuhan dengan mencoba beberapa pengobatan alami berikut.

Serat. Serat menunjukkan efek positif yang konsisten dalam meredakan gejala-gejala wasir dan perdarahan. Serat bisa melembutkan kotoran dan meningkatkan volumenya, sehingga membantu mengurangi regangan. Tujuh percobaan dengan total 378 partisipan menemukan bahwa serat memperbaiki berbagai gejala termasuk gatal, ketidaknyamanan, dan rasa sakit.

Bagaimana cara mendapatkan serat? Anda bisa mencoba berbagai cara. Mulailah dengan mengonsumsi makanan kaya serat, seperti whole grain dan sayur-sayuran. Selain itu, Anda juga bisa mencoba psyllium (suplemen tepung serat). Caranya, larutkan 1 sendok teh tepung psyllium ke dalam segelas air, minum dan selanjutnya diikuti dengan segelas air putih lagi.

Pilihan lainnya adalah dengan mengonsumsi biji rami yang telah dihaluskan. Tapi, apa pun sumber serat yang Anda gunakan, pastikan minum air yang cukup. Minum serat dalam keadaan kurang air justru akan memperburuk masalah konstipasi.

Bioflavonoids. Bioflavonoid merupakan jenis komponen tumbuhan yang diyakini bekerja menstabilkan dan menguatkan dinding pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Komponen ini terbukti bisa mengurangi rasa tidak nyaman dan rasa sakit pada anus, serta mengurangi pengeluaran kotoran selama serangan wasir akut. Selain itu, efek samping penggunaan zat tumbuhan ini tergolong ringan dan jarang, sehingga cocok digunakan untuk mengatasi wasir pada kehamilan. Bioflavonoid ini bisa ditemukan pada buah sitrus.

Lidah buaya. Oleskan gel lidah buaya langsung ke anus. Cara ini dinyatakan bisa meredakan rasa sakit dan meredakan sensasi terbakar.

Oleskan salep kemenyan atau salep kayu ek. Cara ini juga dinyatakan efektif meredakan rasa sakit pada wasir.

Peterseli dan daun anggur merah. Untuk meredakan wasir, cobalah menggunakan kedua tanaman alami ini, baik dalam bentuk teh atau dikonsumsi dalam bentuk kapsul. (OL-08)

http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2009/11/17/1834/11/Obati-Wasir-dengan-Lima-Bahan-Alami
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts