Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Sehatkan PLN, Pemerintah Ajukan Perubahan APBN 2010

Wednesday, 30 December 2009 09:53

JAKARTA - Pemerintah siap mengajukan perubahan APBN 2010 untuk mengakomodir kebutuhan penyehatan PT PLN (Persero) sekira Rp32 triliun. Dana tersebut diperlukan untuk menutup kebutuhan investasi listrik secara keseluruhan.

"APBNP akan kami usulkan karena ada perubahan kebijakan untuk menutup kebutuhan pasokan listrik," ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal Anggito Abimanyu di Jakarta, hari ini.

Nantinya, dana sebesar Rp32 triliun tersebut akan digunakan untuk meningkatkan kehandalan listrik nasional dengan mengganti perlengkapan yang kurang namun di luar dari alokasi subsidi listrik.

Adapun untuk memenuhi kebutuhan penyehatan PLN sebesar Rp32 triliun akan diperoleh dari penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) yang nantinya akan dipinjamkan kepada PLN dengan bunga nol persen. Sehingga dana tersebut menjadi pinjaman lunak. Pembiayaan dari SBN sendiri diperkirakan akan mencapai Rp10 triliun.

Untuk itu, pemerintah akan mengajukan kenaikan margin bagi PT PLN (Persero) dari lima persen menjadi delapan persen pada 2010 kepada DPR. Sekretaris Menteri BUMN Said Didu mengatakan bahwa pada kesepakatan awal margin yang diberikan kepada PLN hanya sebesar lima persen.

Angka itu dikombinasikan dengan tiga kebijakan pemerintah kepada PLN di antaranya dengan percepatan Penyertaan Modal Negara (PMN) dan menaikkan tarif dasar listrik (TDL). Namun dengan meminta kenaikan margin PLN menjadi delapan persen ini, pemerintah tidak perlu lagi menaikkan TDL. "Margin dinaikkan delapan persen dan tidak perlu ada kenaikan TDL" ujar Said.

Dengan kenaikan margin sebesar satu persen, akan meningkatkan kemampuan PLN untuk mencari pinjaman sebesar Rp7 triliun. Dengan kenaikan margin PLN tiga persen lagi, maka PLN akan mampu mencari pinjaman sebesar Rp21 triliun lagi.
(dat07/kez)

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=77698:-sehatkan-pln-pemerintah-ajukan-perubahan-apbn-2010&catid=18:bisnis&Itemid=95
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts