Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

2010, Masalah Air di Kota Banda Aceh Selesai

Wednesday, 20 January 2010 07:11

BANDA ACEH - Permasalahan air bersih untuk kebutuhan masyarakat Kota Banda Aceh diharapkan selesai pada 2010. Termasuk rencana PDAM Tirta Daroy yang akan mengambil air baku baru di Sara, kecamatan Leupung, Aceh Besar, dan program itu telah diajukan ke Departemen PU Direktorat Sumber Daya Air.

"Persoalan air bersih kita harapkan selesai tahun 2010, dan yang penting kualitas airnya siap minum seperti di WTP PDAM Tirta Daroy di Lambaro, Aceh Besar," ujar walikota Banda Aceh, Mawardy Nurdin, tadi malam.

Dikatakan, air bersih yang diproses di WTP PDAM Tirta Daroy siap diminum. Ditambahkan, sistem perpipaan yang masih bercampur antara pipa lama dengan pipa pemasangan baru dan terkoneksi masih ada yang bocor sehingga air tersebut tidak sama kualitasnya. "Jadi itu akan kita perbaiki pelan-pelan," sebutnya.

Soal pelanggan, katanya, ditargetkan mencapai 42 ribu atau 80 persen dari 52 ribu rumah tangga yang tersebar di sembilan kecamatan di Kota Banda Aceh. "Target itu tahun ini selesai karena sambungan sekarang sudah 34 ribu ruma tangga, cuma belum terkoneksi dan ada sambungan yang dikerjakan tidak baik," tandasnya.

Soal tunggakan, kata walikota, sudah menurun dan pendapatan PDAM Tirta Daroy itu sudah menguntungkan. Hanya saja, masih ada persoalan yang sebelum bencana tsunami dan pasca tsunami pelanggan yang tidak mendapatkan air tetapi masih terbebani dengan biaya beban. Serta ada juga pelanggan yang sebelum tsunami tidak pernah mendapatkan air bersih.

"Itu masih kita coba bicarakan dengan DPRK Banda Aceh supaya tunggakan rekening lama tersebut bisa diputuhkan. Karena banyak pelanggan yang keberatan, sebab mereka ada yang tiga empat tahun tidak bayar mencapai enam jutaan rupiah. Mereka sangat keberatan membayar tetapi untuk selanjutnya para pelanggan ini jika air bersih tersedia akan membayar sesuai meteran," tuturnya.

Namun untuk mengahapus itu semua, katanya, harus ada persetujuan DPRK dan sudah dibicarakan dengan pihak DPRK. Pengajuan resminya sedang direkap semua, berapa yang diajukan dan kriteria mana yang dihapus. Karena semua mengatakan saya tidak mendapatkan air sejak 2001-2004 tetapi tetangganya dapat," katanya.

Soal sumber air baku baru yang rencana akan diambil dari Sara, Kecamatan Leupung, Aceh Besar, katanya, dilakukan agar tidak hanya mengandalkan Krueng Aceh. Karena kalau DAS-nya tidak dipelihara dengan baik makin lama kualitas airnya makin menurun. Jika musim kemarau akan terjadi percampuran dengan air laut meski sedikit.
(dat08/wsp)

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=82984:2010-masalah-air-di-kota-banda-aceh-selesai&catid=13:aceh&Itemid=26
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts