Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

94 Pembangkit Listrik Akan Dibangun

Jumat, 29 Januari 2010 | 22:57 WIB

Sebanyak 94 lokasi pembangunan pembangkit tenaga listrik yang merupakan proyek percepatan pembangunan pembangkit 10.000 Mega Watt Tahap II ditetapkan pemerintah. Pembangunan proyek itu akan dikerjakan PT Perusahaan Listrik Negara dan pengembang listrik swasta. Untuk membangun pembangkit dan transmisi itu, kebutuhan dana diperkirakan men capai 16,34 miliar dollar AS.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 2 Tahun 2010 yang baru disahkan. "Ini sebagai upaya mempercepat diversifikasi energi untuk pembangkit tenaga listrik ke non-bahan bakar minyak dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga listrik yang terus meningkat," kata Direktur Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi Kementerian ESDM, J Purwono, Jumat (29/1/2010), di Jakarta.

Dalam peraturan Kementerian ESDM disebutkan, total jumlah proyek pembangkit tenaga listrik yang menggunakan energi terbarukan, batu bara dan gas yang dilaksanakan PT PLN mencapai 21 unit pembangkit. Beberapa pembangkit yang akan dibangun perusahaan negara itu antara lain PLTU Indramayu 1x 1.000 MW, PLTU Pangkalan Susu 3 dan 4 di Sumatera Utara 2 x 200 MW, PLTU Takalar di Sulawesi Selatan 2 x 100 MW, dan PLTG Kalimantan Timur 2 x 50 MW.

"PT PLN juga akan membangun 11 unit pembangkit listrik tenaga panas bumi atau PLTP dengan total kapasitas 880 Mega Watt sebagai bagian dari proyek percepatan pembangunan pembangkit 10.000 MW Pada tahun ini, proses lelang untuk pembangunan PLTP ini sudah dimulai," kata Direktur Perencanaan dan Teknologi PT PLN Nasri Sebayang.

Sebelas unit pembangkit listrik tenaga panas bumi yang akan dibangun itu antara lain, Sembalun, Kotamobagu, Ijen, Sungai Penuh, Tulehu, Wilis, Ngebel, Iyang Agropuro, dan Lahendong. Pendanaan proyek itu berasal dari Japan Bank for International Corporation (JBIC) dan Bank Pembangunan Asia atau ADB. "Total dana yang dibutuhkan mencapai 1,6 miliar dollar AS," ujarnya.

Sementara total jumlah proyek pembangkit tenaga listrik yang menggunakan energi terbarukan, batu bara dan gas yang dilaksanakan melalui kerja sama dengan pengembang listrik swasta mencapai 73 unit yang terdiri dari 33 unit PLTP, satu unit PLTA, 36 unit PLTU, dan dua unit PLTGU. Energi primer dari batu bara untuk pembangkit tenaga listrik masih diperlukan. "Namun pelaksanaannya wajib memakai teknologi ramah lingkungan," kata Nasri menambahkan. (kc/han)

http://www.tribunpekanbaru.com/read/artikel/13258/94-pembangkit-listrik-akan-dibangun
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts