Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

Tarif Tidak Wajar, Dewan Panggil Pengelola Tol

Jum'at, 29 Januari 2010 | 13:36 WIB

TEMPO Interaktif, Bogor - Komisi B DPRD Kota Bogor memanggil pengelola Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) PT Marga Sarana Jabar (MSJ), Jumat (29/1), terkait tingginya tarif tol yang menghubungkan Kedung Halang dan Sentul Selatan itu.

Menurut Ketua Komisi B, Budi Sulistio, pihaknya ingin mengetahui apa alasan pengelola menetapkan tarif sebesar Rp 3.000, padahal jarak yang ditempuh, 3,8 kilometer, tidak terlalu panjang. "Komisi B meminta pengelola mempertimbangkan kembali tarif tol, karena masyarakat merasa itu terlalu mahal," jelas Budi.

Sementara itu, salah satu anggota Komisi B lainnya, Slamet Wijaya, mengatakan tarif yang ditetapkan tidak wajar. "Apalagi waktu ditanya mengenai break-even point (BEP), mereka tidak bisa menyebutkan kapan persisnya," jelas Slamet.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar, Poncoyono Sudiro, mengatakan yang menentukan besaran tarif adalah pemerintah pusat sehingga pihaknya tidak bisa menurunkan tarif. "Tapi kalau dilihat dari efisiensi saya kira tarif segitu sudah sesuai," ungkap Poncoyono.

Alasannya, penentuan tarif didasarkan pada nilai investasi yang dikeluarkan PT Marga Sarana. Selain itu, menurut Poncoyono, dari manfaat yang diperoleh juga sudah sesuai. "Kalau lewat BORR bisa menghemat 1 liter bensin, ini malah jauh lebih hemat karena tarif tol kan hanya Rp 3.000," jelasnya.

Ke depannya, Poncoyono mengatakan, penurunan tarif mungkin saja terjadi bila pemerintah memberikan subsidi. "Ya kalau ada subsidi mungkin saja bisa turun," papar Ponoyono.

DIKI SUDRAJAT

http://www.tempointeraktif.com/hg/layanan_publik/2010/01/29/brk,20100129-222244,id.html
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

There was an error in this gadget

Recent Posts