Gerakan Konsumen Indonesia
The only thing necessary for the triumph of evil is for good men to do nothing. (Kejahatan hanya bisa terjadi ketika orang baik tidak berbuat apa-apa). ---Edmund Burke

ESL Express tak Pernah Tepati Janji

19/01/2010 - 16:54

Saya adalah pelanggan ESL Express. Saya mengirim paket dari Yogyakarta tujuan Lubuk Sikaping-Pasaman, Sumatera Barat melalui agen ESL Express (Quickie laundry), Jalan Selokan Mataram 7A Pogung Kidul, Sleman, Yogyakarta, dengan nomor pengiriman IF 096555 pada 10 Desember 2009, dengan catatan pengiriman Antar.

Sebelum pengiriman saya lihat dari tabel daftar tujuan tidak ada tujuan ke Pasaman, tetapi ada tujuan ke Padang Panjang. Kemudian saya menanyakan kepada petugas ESL Express itu, bisakah dikirim ke Pasaman karena dari Padang Panjang ke Pasaman kira-kira tiga jam perjalanan, maka petugas itu menghubungi seseorang melalui telepon dan dinyatakan bisa. Saya pun mengirim paket itu, dan dijanjikan paket tiba di alamat paling lambat tujuh hari.

Namun setelah ditunggu-tunggu si penerima paket belum juga menerima paket sesuai jadwal. Setelah kira-kira 10 hari kemudian, barulah saya dihubungi ESL Express Padang Panjang melalui telepon bahwa barang tidak bisa dikirim karena penerima tidak mau mengambil barang tersebut.

Dan saya menyatakan bahwa sesuai janji yang tertulis pada kwitansi, barang diantar bukan dijemput, tetapi petugas itu tidak mau terima dan menyalahkan petugas ESL Express tempat saya mengirim paket. Kemudian saya mengatakan kalau begitu kembalikan barang saya ke Yogya, dan petugas tersebut menyanggupinya.

Pada 5 Januari 2010, saya mendatangi agen ESL Express (Quickie laundry) dan meminta paket saya. Ternyata paket itu belum ada. Dengan mengemukakan berbagai alasan, dan petugas berjanji akan menghubungi saya. Kemudian esoknya 6 Januari 2010 saya menghubungi agen ESL Express (Quickie laundry) dan meminta paket saya kembali.

Petugas itu tidak dapat memberikan penjelasan yang memuaskan, seolah-olah masa bodoh dengan paket tersebut. Setelah saya desak beliau berjanji paket itu akan saya terima satu minggu kemudian.

Pada 14 Januari 2010 saya menghubungi agen ESL Express (Quickie laundry) dan meminta paket saya, dan petugas ESL tersebut mengatakan paket saya masih belum sampai, dan mengatakan kalau saya kurang berkenan silakan menuntut ganti rugi. Bukannya memberikan solusi tapi malah meresahkan.

Akhirnya saya mendatangi ESL Express Yogyakarta (Jalan Wonosari-Lingkar Timur), dan petugas itu berjanji menghubungi saya pada sore harinya. Namun sampai dua hari saya menunggu, saya tidak juga dihubungi. Akhirnya saya menghubungi ESL Express Yogyakarta (Jalan Mayjend Sutoyo No 46), dan dikatakan barang saya telah "di-return" dan kira-kira empat hari lagi sampai ke Yogya, untuk kepastiannya saya akan dihubungi di malam harinya.

Saya menunggu tetapi tidak dihubungi. Akhirnya saya menghubungi ESL kembali dan dikatakan oleh petugas tersebut bahwa dia tidak mengetahui posisi barang saya, dan menganjurkan saya menghubungi kantor ESL Express kembali keesokan harinya.

Setiap janji yang dijanjikan oleh petugas ESL Express kepada saya tidak pernah dipenuhi dan saya selalu diberi ketidakpastian, dan sampai saat ini saya tidak tahu barang saya berada di mana. Bagaimana ESL Express? Begitukah cara melayani pelanggan? Bisakah bertanggungjawab?

Himawan Susanto

Pogung Kidul, Sleman, Yogyakarta

0852661471XX

himawan1973@yahoo.com [mor]

http://www.inilah.com/news/read/surat-pembaca/2010/01/19/291692/esl-express-tak-pernah-tepati-janji/
0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

Blog ini diproyeksikan untuk menjadi media informasi dan database gerakan konsumen Indonesia. Feed-back dari para pengunjung blog sangat diharapkan. Terima kasih.

Followers


Labels

Visitors

You Say...

Recent Posts